Tingkatkan Minat Baca, KKN UBP Hadirkan Perpustakaan Keliling di Majalaya

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang

Karawang – Dalam upaya meningkatkan minat baca anak-anak desa, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menghadirkan program berkelanjutan yang bertujuan untuk mewujudkan anak-anak desa yang pintar dengan budaya membaca. Program tersebut diberi nama “Majalaya Pintar” yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah, Desa Majalaya, Karawang.

Dalam kegiatan KKN Desa Majalaya yang diketuai oleh Kelvin Hudqof Akbar, mahasiswa UBP Karawang, serta dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan, Imas Indah Mutiara M.Pd, program “Majalaya Pintar” berusaha mengatasi permasalahan kurangnya minat baca anak-anak desa. Hal ini dikarenakan persediaan buku anak yang kurang menarik dan populer.

Sebagai bagian dari program ini, perpustakaan keliling hadir di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah pada hari Selasa, pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan anak-anak mulai dari usia TK hingga SD. Pada kesempatan ini, anak-anak akan diajak untuk memilih buku-buku yang tersedia dan diberikan kesempatan untuk bercerita tentang pengalaman membaca mereka.

Selain itu, kegiatan “Majalaya Pintar” juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan menarik, seperti sulap, quizz, dan doorprize. Hal ini bertujuan untuk menjadikan suasana kegiatan lebih seru dan menyenangkan bagi anak-anak. Dengan begitu, mereka tidak hanya akan mendapatkan manfaat dari membaca, tetapi juga dapat merasakan kegembiraan melalui interaksi dan permainan yang disediakan.

Nurul, tokoh pendidikan desa majalaya, mengungkapkan bahwa dahulu pernah ada perpustakaan keliling dari kecamatan Majalaya yang menggunakan motor cator. Sayangnya, kegiatan tersebut sudah lama tidak beroperasi kembali. Oleh karena itu, kami berterimakasih pada KKN UBP Karawang yang berinisiatif untuk menghidupkan kembali kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan perpustakaan keliling ini, turut hadir mahasiswa KKN UBP Karawang serta dosen pembimbing, dinas perpustakaan dan arsip kabupaten Karawang, pemilik sekolah Madrasah Ibtidaiyah, dan orang tua anak-anak. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan dukungan dan kontribusi positif dalam mendorong minat baca anak-anak desa Majalaya.

Dengan adanya program “Majalaya Pintar” ini, diharapkan bahwa minat baca anak-anak desa dapat meningkat secara signifikan. KKN UBP Karawang berharap bahwa membaca dapat menjadi kebutuhan sehari-hari bagi seorang anak dan melahirkan generasi yang cerdas serta berbudaya literasi.(aip)

Redaksi Fakta Jabar : 085691178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...