Destinasi Wisata di Purwakarta Memukau Pengunjung

Faktajabar.co.id- Puluhan ribu wisatawan berhasil dijaring untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta selama masa libur Lebaran Kurban.

Keberhasilan itu membuktikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mampu memanfaatkan berbagai peluang untuk terus bisa mendatangkan para wisatawan ke kabupaten yang sangat terkenal sebagai penghasil komuditas buah Manggis Wanayasa yang mendunia.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, kunjungan puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah itu merupakan bukti jika berbagai destinasi wisata Purwakarta memang memiliki pesona daya tarik yang tinggi.

“Meski peluangnya tidak sebesar liburan lebaran Hari Raya Idul Fitri, namun libur Lebaran Kurban tetap harus dipandang sebagai peluang yang harus bisa kita manfaatkan dengan baik. Melalui keberhasilan menjaring puluhan ribu wisatawan selama masa libur Lebaran Kurban, itu membuktikan Purwakarta mampu menangkap berbagai peluang dengan baik,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Jumat, 14 Juli 2023.

Data Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta menyebutkan, sebanyak 44.113 wisatawan tercatat berkunjung ke Purwakarta selama masa libur Lebaran Kurban, antara 28 Juni – 2 Juli 2023.

Para wisatawan itu mengunjungi sedikitnya 37 berbagai jenis destinasi wisata di Purwakarta yang meliputi wisata alam, wisata kuliner dan wisata budaya.

Meski belum ada angka resmi yang disampaikan Pemkab Purwakarta, namun bisa dipastikan kunjungan puluhan ribu wisatawan itu bisa menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar.

Jika satu wisatawan membelanjakan Rp. 100 ribu – Rp 200 ribu saja selama berwisata ke Purwakarta, maka bisa diperoleh penerimaan antara Rp 4,411 milyar hingga Rp 8,822 milyar.

Jumlah itu merupakan angka yang cukup besar yang bisa mengalir kepada para pelaku usaha sektor pariwisata di Purwakarta.

“Berapa jumlah persis dari kunjungan para wisatawan selama Lebaran Kurban itu tentu masih dikalkulasi dengan cermat oleh dinas terkait. Namun yang pasti, saya sangat bersyukur bila penerimaan dari belanja para wisatawan itu bisa mengalir ke masyarakat pelaku usaha, khususnya para pelaku usaha dari UMKM,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...