Kelompok KKN Desa Pulokalapa Siap Melaksanakan Program Kerja Berbasis SDGs Desa

Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang

Karawang – Universitas Buana Perjuangan mengumumkan keikutsertaannya dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang. Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat dengan mengatasi tantangan sosial ekonomi mereka dan mendorong pembangunan berkelanjutan dengan berfokus pada SDGs Desa.

KKN merupakan bagian dari komitmen Universitas Buana Perjuangan untuk memberikan pendidikan holistik kepada mahasiswanya dan memastikan keterlibatan aktif mereka dalam pengembangan masyarakat. Universitas sangat percaya akan pentingnya memelihara tanggung jawab sosial dan penerapan pengetahuan untuk kemajuan masyarakat.

Dalam program KKN tersebut, tim mahasiswa dan dosen berdedikasi dari berbagai disiplin ilmu akan mengabdikan diri di Desa Pulokalapa selama satu bulan. Tim akan bekerja sama dengan masyarakat setempat, pejabat pemerintah, dan pemangku kepentingan terkait, untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi penduduk desa dan mengembangkan solusi praktis untuk mengatasinya.

Ketua Mahasiswa KKN Desa Pulokalapa, Hajid mengatakan, saat ini kelompok KKN Desa Pulokalapa tengah melakukan sosialisasi dan pendekatan dengan Kepala Desa serta sejumlah tokoh masyarakat, untuk mematangkan program yang berbasis SDGs Desa berkelanjutan dalam pengembangan potensi di Desa Pulokalapa.

Hajid menuturkan bahwasanya terdapat 14 mahasiswa UBP Karawang yang tergabung dalam KKN di Desa Pulokalapa, sesuai dengan arahan dosen pembimbing lapangan.

“Kami akan membuat program sesuai dengan yang berbasis pada SDGs untuk melakukan pengembangan serta pemberian manfaat dalam salah satu poin tersebut, baik pariwisata desa maupun kebersihan lingkungan di Desa Pulokalapa,” ujarnya.

Dosen Pembimbing Lapangan Desa Pulokalapa, Fista Apriani Sujaya SE., M.Ak., memaparkan, mahasiswa KKN di Desa Pulokalapa siap melaksanakan program KKN dengan baik sesuai dengan tujuan KKN yakni “Gotong royong membangun desa berkarya dan berdaya menuju tercapainya SDGs desa”.

“Salah satu program kerja yang telah dilaksanakan adalah pembuatan tempat sampah dimana tempat sampah tersebut dibedakan antara sampah organik dan anogranik,” katanya.

Setelah kegiatan tersebut selesai, lalu dilanjutkan dengan bergotong royong bersama masyarakat sekitar untuk membersihkan sampah di sekitar kantor Desa Pulokalapa tepatnya di Dusun Krajan I, antusias warga yang ikut serta membuat kegiatan tersebut berjalan lancar.

“Rencananya, gotong royong akan dilaksanakan kembali pada minggu selanjutnya dengan lokasi yang dituju adalah sekitar makam Syech Quro,” tuturnya.

Lanjut Fista, Pada kegiatan KKN UBP Karawang Angkatan 20 diharapkan dapat melaksanakan program berbasis SDGs Desa. Melalui SDGs Desa mahasiswa KKN dapat membuat program sesuai dengan SDGs Desa pembangunan yang mengarah pada 18 tujuan pembangunan. Diantarnya adalah desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, desa layak air bersih dan sanitasi, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, dan Kawasan permukiman aman dan nyaman.

“Sepanjang program, Universitas Buana Perjuangan akan berkolaborasi erat dengan otoritas pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk memastikan keberlanjutan proyek yang dilaksanakan. Tujuan universitas adalah mendorong perubahan positif jangka panjang di Desa Pulokalapa dan menginspirasi mahasiswa untuk menjadi kontributor aktif bagi masyarakat.” pungkasnya.(red/fj)

Redaksi Fakta Jabar : 08569178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komunikasi Politik Jimmy Jelang Pilkada

Karawang – Langkah politik mantan wakil bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari ...