Penurunan Penjualan Peralatan Sekolah

Karawang – Keuntungan yang diperoleh oleh pedagang seragam sekolah dan buku tulis mengalami penurunan drastis.

Menyambut tahun ajaran baru bagi siswa di Kabupaten Karawang, pedagang seragam dan buku di Pasar Johar mengaku penjualan saat ini mengalami penurunan. Laura Sharon, pemilik toko seragam dan buku Langgeng menyampaikan keuntungan penjualan mulai menurun sejak covid 19 lalu. Ia menambahkan faktor lain disebabkan oleh adanya penjualan yang dilakukan secara online. Ia menjual seragam dari semua ukuran dan tingkat.

“Kalau seragam dibanding sebelum covid menurun sekarang karena sekaran sudah ada yang penjualan secara online. Penurunannya sekitar 50 persen dari sebelumnya. Saya menjual seragam dari semua tingkatan, masing-masing lebih dari 12 lusin,” ujarnya Kamis (13/7).

Ia menjelaskan satu pasang seragam di jual dengan harga 150 sampai 250 ribu. Ia melakukan penurunan harga untuk setiap seragama sebagai upaya dalam meningkatkan penjualan. Selain seragam, ia juga menjual buku dan alat tulis bagi anak sekolah. Penjualan buku pun saat ini mengalami penurunan keuntungan.

“Kalau satu stell ada yang 150 ribu sampai 250 ribu. Saya menurunkan harga untuk menarik pembeli. Saya juga jual topi, dasi, cover buku, tas, buku. Bukan cuma seragam aja tapi penjualan buku juga menurun sekarang,” tambahnya.

Nurleni, penjual buku tulis mengaku keuntungan yang diperoleh pada tahun 2023 ini hanya sebesar 700 ribu. Ia menambahkan keuntungan ini belum mencapai modal yang digunakan sebesar 3,5 juta. Ia mengaku jika sebelumnya berjualan buku di pasar malam, namun saat ini tidak melakukan hal yang sama disebabkan oleh kondisi fisik.

“Kalau tahun sekarang turun banget tidak seperti tahun sebelumnya yang sampai melampaui modal. Kemarin saya pakai modal 3,5 juta sekarang keuntungan baru 700 ribu ga sampai menutup modal. Dari kemarin juga tidak ada buku yang berhasil saya jual. Kalau dulu modal 5 juta, dapat keuntungan bisa sampai 10 juta,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPU Karawang Tetapkan 6,5 Dukungan untuk Pencalonan Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Dalam Pilkada Serentak 2024

Karawang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang tetapkan syarat ...