Forum Guru Honor Pendidikan Agama Islam Minta Disediakan Kuota PPPK Bagi Guru PAI

Forum Guru Honor Pendidikan Agama Islam

Karawang – Wakil Ketua Forum Guru Honor Pendidikan Agama Islam (FGH-PAI), Dedi Ahmad Purnomo memaparkan guru honor mengajukan sebanyak 270 formasi untuk PPPK Guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Karawang. Saat ini jumlah semua anggota di dalam forum tersebut ada sebanyak 300 orang. Ia mengaku pada tahun ini tidak tersedia kuota PPPK bagi guru PAI.

“Untuk sekarang yang didata sekitar 70, itupun bukan PPPK tapi untuk P1 yang dibatalkan. Intinya untuk PAI sekarang itu enggak ada kuota sama sekali,” ujarnya, Kamis (20/7/2023).

Ia menuturkan salah satu upaya untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah daerah dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan silaturahmi dengan BKPSDM dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Ia menginginkan agar diberikan kuota bagi guru PAI

“Aspirasi, untuk semua guru honorer pasti itu 1, PPPK atau diangkat jadi ASN,” tambahnya.

Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan, Mulyana Surya Atmaja menyampaikan, saat ini yang menjadi prioritas pihaknya adalah penyelesaian P1 dan persoalan guru PAI ini akan diselesaikan secara bertahap. Ia menambahkan usulan tersebut saat ini akan diterima terlebih dahulu. Kemudian ia memaparkan untuk tambahan formasi akan di akomodir dari guru yang telah pensiun, meninggal dan berhenti bekerja.

“Jadi masih banyak sekolah yang membutuhkan guru PAI, namun formasinya belum disiapkan. Intinya pada 2024 itu akan kita usulkan lagi. Ya namanya juga usulan, sebanyaknya juga bagus. Karena guru PAI sangat penting, berkaitan dengan budi pekerti. Mudah-mudahan kedepan, di 852 SD guru agamanya harus ASN,” ungkapnya.

Ketua PGRI Karawang, Nandang Mulyana menambahkan, pihaknya turut mendorong dengan mengirimkan surat kepada Menpan RB agar kuota guru PAI ditambahkan. Ia merasa miris karena di Indonesia banyak guru-guru yang telah mengabdi puluhan tahun, tapi hingga saat ini masih honorer.

“Kita berharap dan mendorong pemerintah pusat agar dites September kuotanya ditambah. Indonesia ini sudah darurat guru, pemerintah jangan lalai, harus cepat lakukan revolusi untuk pemenuhan guru PAI,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...