Mahasiswa KKN UBP Karawang Gelar Sosialisasi Inovasi Baru UMKM Di Desa Simpang Purwakarta

Mahasiswa KKN UBP Karawang

Faktajabar.co.id – Kegiatan pada tanggal 5 juli 2023 di hadiri oleh beberapa masyarakat desa simpang kecamatan wanayasa.
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan sebuah ide baru dalam usaha mikro kecil menengah, yaitu JASIM (jahe simpang) yang berbahan dasar jahe dan perasa seperti cappuccino.


Produk JASIM ini di buat dengan cara yang sangat mudah di rumah hanya membutuhkan bahan-bahan seperti jahe, nutrijel, dan perasa minuman apapun, dan untuk alat hanya membutuhkan pemarut, sarung tangan pelastik, dan dua wadah, selanjutnya untuk Langkah pembuatan yaitu parut jahe setelah di buka kulit nya dan di cuci, lalu peras jahe yang sudah di parut dan campurkan ekstrak jahe ke dalam nutrijel lalu tunggu sampai menjadi jelly, selanjutnya larutkan bubuk perasa cappuccino secukupnya dan parut jelly yang sudah tercampur jahe lalu masukan jelly tersebut ke dalam perasa cappuccino yang sudah jadi lalu dinginkan, dan jadilah Minuman segar hangat JASIM (jahe simpang).


Dikarenakan dinginnya di desa simpang kecamatan wanayasa kami terfikirkan untuk membuat inovasi ini yang bertujuan untuk menghangatkan dahaga. Di dalam sosialisasi yang dilakukan kami (Mahasiswa) tidak hanya memberikan sebuah ide mengenai Jahe melainkan memberikan beberapa edukasi mengenai digitalisasi di era modern, manfaat bahan alam jahe bagi Kesehatan, cara desain kemasan agar menarik pembeli melalui aplikasi canva, menjelaskan peraturan merk dalam bidang umkm di tinjau dari UUD No.20 Tahun 2016, pelatihan strategi pemasaran umkm, manfaat E-commerce, dan merealisasikan langsung agar masyarakat desa simpang mempunyai gambaran tidak hanya sekedar teori.

Para masyarakat desa khususnya ibu-ibu yang sudah memiliki usaha sangat berantusias menghadiri acara tersebut, kegiatan di mulai dari pukul 15:30 WIB sampai dengan pukul 17:30 WIB. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi bagi masyarakat desa Simpang wanayasa untuk semangat lagi dalam mengembangkan UMKM dengan bahan-bahan sederhana yang bisa menambah pendapatan masyarakat Desa Simpang Wanayasa.(rls)

Redaksi faktajabar :085691178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Usulan Penggabungan Dinas Perikanan dan Pertanian Sebagian Besar Internal Pansus Menolak

Karawang – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Karawang dengan agenda penetapan ...