Sinergitas Masyarakat dengan KKN UBP Membawa Perubahan Positif

KKN Mahasiswa UBP Karawang

Faktajabar.co.id – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Potensi Desa” telah berakhir dengan sukses di Desa Amansari. Kegiatan ini telah menarik perhatian banyak masyarakat, baik dari kalangan warga desa maupun pihak pemerintahan setempat. Sepanjang bulan berlangsungnya program KKN, banyak masyarakat yang turut berpartisipasi dan memberikan apresiasi atas perubahan positif yang dihadirkan.

Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam program KKN ini mencakup sosialisasi stunting, pencegahan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak pada remaja awal, pelatihan dan pengenalan Microsoft Office pada anak SD, psikoedukasi orientasi masa depan, sosialisasi pengembangan karir untuk siswa SMK, bimbingan belajar, pelatihan UMKM dan pemasaran, penerangan jalan lingkungan, serta pembuatan website desa.

Apresiasi dari Masyarakat

Masyarakat di Desa Amansari merasa terbantu dan bersyukur atas kehadiran mahasiswa KKN dalam memberikan pengetahuan dan wawasan baru. Melalui sosialisasi stunting dan pencegahan kekerasan seksual, kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan perlindungan anak semakin meningkat. Banyak warga yang merasa lebih mampu melindungi dan mendukung perkembangan generasi muda.


Anak-anak SD yang belajar Microsoft Office dengan antusiasme telah menunjukkan perkembangan dalam penggunaan teknologi, yang diharapkan akan membawa manfaat dalam pendidikan mereka dan persiapan untuk masa depan. Begitu juga dengan siswa SMK yang mendapatkan pemahaman tentang peluang karir, sehingga meningkatkan semangat dan motivasi mereka untuk mencapai cita-cita.


Hal ini membuat masyarakat desa amansari menyambangi posko KKN dengan tujuan untuk berterima kasih kepada para mahasiswa karena selama KKN di Desa Amansari dianggap sudah sangat membantu masyarakat sekitar, bahkan Ibu-ibu Dusun Jatipeureuh sampai rela untuk “patungan uang” sebagai tanda terima kasih, namun itu tidak diterima oleh para mahasiswa.

Akhirnya masyarakat memutuskan untuk mengadakan makan Bersama “Liwetan” sebagai perpisahan dengan mahasiswa KKN UBP Karawang.
“Kami ibu-ibu disini sangat terbantu banget sama mahasiswa jadi kami patungan mau berterimakasih kepada mereka, eh malah di tolak jadi kami masak besar liwetan makan bareng sama mereka” Ibu Ijah, masyarakat dusun Jatipeureuh amansari

Apresiasi dari Pemerintah Desa dan Tokoh Masyarakat

Pemerintah Desa Amansari bersama tokoh masyarakat setempat memberikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi positif mahasiswa KKN.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah berperan aktif dalam membantu pemberdayaan masyarakat di Desa Amansari. Kegiatan yang telah dilakukan sangat relevan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di desa kami,” kata H.Napi Kepala Desa setempat.

Tokoh masyarakat Kh. Ace Saepudin menambahkan, “Kehadiran mahasiswa KKN telah membawa semangat dan perubahan yang luar biasa di tengah-tengah masyarakat kami. Program yang mereka jalankan menjadi inspirasi bagi kami semua untuk terus berkolaborasi dalam memajukan desa ini,”katanya.

Semua pihak berharap bahwa semangat kebersamaan dan kolaborasi antara mahasiswa KKN, masyarakat, dan pemerintahan setempat akan terus berlanjut, sehingga dapat menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan untuk Desa Amansari dan masyarakat sekitarnya.(red/fj)

Redaksi faktajabar :085691178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demi Mengabdi Terhadap Tanah Kelahiran, Yana Suyatna Resmi Daftar Calon Bupati Karawang

Karawang – Menuju pilkada 2024 semaki ramai bacalon bupati Karawang ...