Lawan Hoaks dengan Membuat Wartawan Kompeten

Pembukaan uji Kompetensi wartawan PWI Sukabumi

Faktajabar.co.id – Provinsi Jawa Barat dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mengadakan roadshow Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Selabintana Conference Resort Jalan Selabintana KM 7, Sudajaya Girang, Sukabumi. Selasa-Rabu, 21-22 Agustus 2023.

Roadshow UKW ini merupakan program dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan menargetkan 1.000 peserta UKW se-Jawa Barat pada 2023.

Asisten Daerah (Asda) Administrasi Umum Setda Kabupaten Sukabumi Ardiana Trisnawiana didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi Eka Nandang Nugraha menghadiri roadshow Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat

Ujian yang diikuti sekitar 59 wartawan dari berbagai daerah di Jabar ini, merupakan angkatan yang ke 66,67, dan 68.

Uji kompetensi yang diikuti para wartawan selama dua hari dari 21-22 Agustus 2023 ini, terdapat tiga tingkatan. Hal itu mulai dari muda, madya, dan utama

Ketua Pelaksana Roadshow UKW PWI Jawa Barat Ahmad Syukri mengatakan, roadshow UKW PWI Jawa Barat merupakan program 1.000 UKW dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

“Di Sukabumi ini peserta dari daerah sekitar, Purwakarta, Subang, Bekasi, ada juga Depok,” tuturnya.

Total ada 8 lokasi kegiatan roadshow, yakni Bandung Raya, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Bandung Raya, dan Karawang.

Berkaitan hal tersebut, Asisten Daerah (Asda) Administrasi Umum Setda Kabupaten Sukabumi Ardiana Trisnawiana mengatakan, peran wartawan sangat strategis dalam dunia informasi. Maka dari itu, kemampuan akan dunia jurnalistiknya perlu mumpuni.

“Melihat besarnya tugas wartawan, peningkatan kompetensi dan profesionalisme sangat perlu. Sehingga SDM wartawan benar-benar unggul,” ujarnya.

Oleh karena itu, Ardiana sangat mengapresiasi pelaksanaan UKW Ini. Bahkan, dirinya berharap, wartawan yang lulus UKW bisa mrnghasilkan karya terbaik.

“Kami pun berharap wartawan pun dapat berperan dan menjadi garda terdepan dalam memerangi hoaks. Selamat mengikuti ujian, semoga mendapatkan hasil terbaik,” ungkapnya.

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengatakan, uji kompetensi merupakan cara organisasinya membuat wartawan berkompeten. Selain, sebagai cara untuk memberantas hoaks. Mengingat, di era media daring ini banyak sekali hoaks.

“Kita melawan hoaks dengan membuat wartawan yang kompeten,” ucapnya.

Ketua PWI Kabupaten Sukabumi Asep Solihin menambahkan, kompetensi wartawan merupakan salah satu yang diwajibkan Dewan Pers. Hal itu sebagai bentuk kompetensi wartawan.

“Terkait pentingnya uji kompetensi ini, saya berterima kasih kepada PWI Jabar yang menyelenggarakan UKW secara maraton. UKW pun merupakan salah satu program prioritas PWI Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...