Kekeringan Melanda Kutalanggeng, Warga Ngebor Sumur

Kekeringan Sumur di Kutalanggeng

Karawang – Masyarakat Desa Kutalanggeng mengebor sumur kecil untuk mendapatkan air bersih.

Kekeringan masih menimpa warga di Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru hingga sekarang. Staff Desa Kutalanggeng, Yuyun Wira Saputra menyampaikan kekeringan terjadi di tiga dusun sekaligus. Hal ini mengakibatkan masyarakat memperoleh air bersih dengan jarak lebih dari dua kilometer.

“Parahnya merata, dusun 1,2 dan 3. Bantuan ada, cuman akses mobilnya tidak memungkinkan untuk masuk ke pedalaman desa. Paling yang mudah dapet yang ada dipinggir jalan raya aja,” ujarnya.

Ia menjelaskan bantuan yang diberikan terdapat keterbatasan. Meski begitu warga tidak mudah menyerah dengan membuat beberapa sumur kecil. Sumur ini di bikin di lintasan air sungai yang telah mengering lebih dari dua bulan. Beberapa kendala yang dialami masyarakat Kutalanggeng adalah sulitnya sumber air, keterbatasan bantuan dan mengantri saat mengambil air. Warga pun membeli air bersih keliling sebesar 80 ribu untuk seribu liter air.

“Kalau mau ambil air bantuan jaraknya jauh banget. Jadi rata-rata bikin kobak kecil, sekarang sumber airnya cuman itu. Karena sungainya udah lama kering, kami juga membeli air bersih untuk seribu liter dengan harga 80 ribu,” tambahnya.

Kepala Dusun 1, Usep mengungkapkan pengeboran tanah telah dilakukan sebanyak tiga kali untuk mendapatkan air bersih. Hal ini tidak mendapatkan hasil apapun dikarenakan tekstur tanah di wilayah itu terdapat hamparan batu cadas yang berlapis.

“Beberapa titik yang udah dibor itu Jungkur, Kampung Naringgul sama deket Kantor Desa Kutalanggeng. Kedalaman 150 m, tetep gak ada airnya. Mata bor itu gak bisa masuk ke dalem karena ada batu cadas. Harapannya ada sumber air yang bisa mencukupi kebutuhan masyarakat ketika musim kemarau panjang,” ungkapnya.

Enas (49) dan Emas (60), Warga Desa Kutalanggeng menyampaikan menggunakan air bersih dari sumur yang masih terdapat air. Air ini digunakan untuk keperluan seperti mandi dan mencuci pakaian. Ia menyampaikan telah ada beberapa kali mendapatkan bantuan air bersih dari pemerintah.

“Sudah ada beberapa kali yang memberikan bantuan air bersih. Kalau ini kami pakai air yang dari sumur meskipun tidak banyak karena airnya juga tidak banyak. Kami pakai untuk mencuci, mandi, kalau mandi air nya di bawa ke rumah tapi nyuci di sini,” tutupnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Usulan Penggabungan Dinas Perikanan dan Pertanian Sebagian Besar Internal Pansus Menolak

Karawang – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Karawang dengan agenda penetapan ...