Pelatihan Digitalisasi UMKM Desa Kalijati, Desa Hebat Ekonomi Kuat

Karawang – KKN Unsika mengembangkan UMKM Digitalisasi dengan cara memberikan pelatihan UMKM Digitalisasi kepada masyarakat Desa Kalijati dengan mendapatkan banyak manfaat. Beberapa manfaat utama diantaranya : Peningkatan Penjualan, Peningkatan Keterampilan, Efisiensi Operasional, Peningkatan Presensi Online, Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan, Peningkatan Kesadaran Merek, Kemampuan Bersaing yang Lebih Baik, Meningkatkan Akses ke Pasar Global, Meningkatkan Potensi Pertumbuhan Bisnis, dan Mengurangi Resiko Bisnis.

Penting untuk diingat bahwa manfaat yang diperoleh UMKM dari pelatihan digitalisasi dapat bervariasi tergantung pada seberapa baik mereka menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh. Dengan komitmen untuk terus belajar dan berinovasi, UMKM dapat mengoptimalkan manfaat ini dan mengembangkan bisnis mereka dengan lebih baik di era digital.

“Tujuan saya melakukan pelatihan digitalisasi untuk UMKM adalah untuk membantu mereka memahami dan memanfaatkan potensi besar yang ditawarkan oleh dunia digital dalam mengembangkan bisnis mereka,” ungkap Evi Selvi, S.E.,M.H.,M.M. Selaku dpl

Adapun beberapa alasan utama mengapa pelatihan ini penting yaitu, Meningkatkan Presensi Online, Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan, Efisiensi Operasional, Mengurangi Biaya Pemasaran, Peningkatan Kesadaran Merek, Mengikuti Perkembangan Teknologi, dan Memperkuat Daya Saing.

“Jadi tujuan utama pelatihan digitalisasi bagi UMKM ini adalah untuk membantu mereka mengoptimalkan potensi digital dalam mengembangkan bisnis mereka, meningkatkan daya saing, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di pasar digital yang terus berkembang,” ujarnya.

Kepala desa kalijati Deny Supriyatna, S.E. mengatakan, pihaknya berharap terhadap pelatihan umkm yang di buat oleh KKN Unsika bisa meberikan dampak yang positif bagi masyarakat khususnya masyarakat desa kalijati, sehingga pelaku UMKM dapat dengan mudah untuk menjual produknya dan dapat di ketahui oleh masyarakat Kalijati dan bisa berkembang kepda masyarakat luar.

“Harapan kami semoga pelaku UMKM dapat dengan mudah untuk menjual produknya dan dapat diketahui oleh masyarakat Kalijati khususnya dan bisa berkembang ke masyarakat luar. Kita juga hari ini sudah memiliki web yang di mana web itu diperuntukan untuk pelayanan dan yang kedua untuk pemasaran produk pelaku UMKM di Desa Kalijati dan kami sangat mendorong untuk tumbuhnya ekonomi secara basis digital,” tuturnya.

Direktur Bumdes Desa Kalijati Mira Agustina, S.Sos. mengungkapkan, dengan adanya pelatihan UMKM ini yang dilakukan oleh kKN Unsika yang berlokasi di Desa Kalijati bisa memberikan dampak positif dan meberikan kemajauan untuk pelaku UMKM.

“Kami selaku bumdes tentunya akan meberikan fasilitas dan support untuk pelaku umkm di Desa Kalijati selain untuk kemajuan semoga UMKM Desa Kalijati bisa dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi contoh untuk desa-desa lainnya,” pungkasnya.(aip/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...