Simulasi PAM Pemilu 2023

Karawang – Sebagai upaya pengamanan pemilihan umum tahun 2024 di wilayah kabupaten Karawang, Polres Karawang melaksanakan simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) pada Operasi Mantap Brata (OMB) Lodaya tahun 2023-2024. Jumat (6/10/2023).

Polres Karawang menggelar Simulasi Sispamkota yang dipusatkan dilapang Karangpawitan, Kab Karawang dengan dihadiri Forkopimda Kab Karawang dan unsur terkait lainnya.

Pelaksanaan Simulasi Sispamkota Ops Mantap Brata dilakukan skenario pengamanan ketika terjadi rusuh massa pada saat saat tertentu, dalam situasi genting dan memicu gangguan keamanan.

Dimana dalam kesempatan tersebut di Simulasikan ada salah satu kelompok pendukung pasangan Calon yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara dan melakukan unjuk rasa ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) dan Gudang Logistik KPU.

Terlihat dalam simulasi, tim dalmas Polres Karawang sudah bersiap menghadap para pendemo yang berniat ke Kantor KPU Kabupaten Karawang.

Tampak, pengamanan dari Polres Karawang pun melakukan tugasnya guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mulai dari formasi Dalmas dan melibatkan seluruh personil Polres Karawang dari setiap Satuan.

Tak hanya itu, dalam simulasi, Polisi tampak melakukan negoisasi dengan pendemo, sehingga mereka menerima jawaban dari hasil negoisasi tersebut.

Beberapa sesi pencegahan hingga penanganan masa, sampai diturunkan mobil water cannon diantara pertahanan pasukan dalmas, untuk mengurai masa yang di Simulasikan anarkis.

Simulasi Sispamkota tersebut disaksikan langsung oleh Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono bersama Bupati karawang dr Cellica, wakil Bupati, Dandim 0604 Karawang beserta instansi terkait.

” Kita gelar simulasi sebagai bentuk persiapan Polres Karawang dalam pelaksanaan pengamanan Operasi Mantap Brata (OMB) Lodaya Tahun 2023-2024. Ungkap Kapolres kepada Tribrata.

Lanjut Kapolres, pihaknya menerjunkan sekitar 450 lebih personil untuk terlibat dalam simulasi tersebut.

” Kita berupaya mempersiapkan diri dalam hal pengamanan setiap tahapan dan rangkaian Pemilu, mulai dari tahapan Pendaftaran, Tahapan pemungutan suara hingga Pelantikan dan sumpah jabatan,” kata Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan, dengan dilaksanakannya simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personil khususnya dibidang Dalmas, sehingga tantangan tugas nanti bisa dihadapi seluruh personil baik secara fisik maupun mental.

Kapolres berharap pelaksanaan pesta demokrasi nanti dapat berjalan dengan baik, lancar dan kondusif, Kapolres juga mengharapkan dukungan dari semua pihak Instansi lain dapat bersama sama bersinergi dalam menciptakan Kamtibmas Khususnya dalam segi keamanan agar tetap kondusif.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...