Komite Ekonomi Kreatif Mengajak Pemerintah untuk Kolaborasi Meningkatkan Ekraf di Karawang

Forum Ekonomi Kreatif Kabupaten Karawang

Karawang – Forum Ekonomi Kreatif Kabupaten Karawang saat ini telah berubah nama menjadi Komite Ekonomi Kreatif. Setelah adanya pelantikan kepengurusan yang baru, Komite Ekonomi Kreatif mengadakan kolaborasi dengan pemerintah daerah. Wakil Direktur Komite Ekraf, Asep Sundapura menyampaikan hal ini telah sesuai dengan berdasarkan Peraturan Daerah Ekraf Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Karawang.

“Karawang memiliki banyak potensi yang harus dioptimalkan dan masalah-masalah yang perlu diselesaikan. Dan upaya ke arah sana harus melibatkan kolaborasi dan partisipasi aktif semua unsur, khususnya pentahelix ekonomi kreatif seperti Pemerintah, Akademisi, Dunia Usaha, Komunitas dan Media. Jadi melalui FGD ini kami ingin mengajak semua pihak, khususnya Pemerintah Daerah untuk berkolaborasi,” ujarnya Selasa (10/10).

Ia menyampaikan kolaborasi tersebut bertujuan untuk membahas tentang menyusun data besar, menguatkan sumber daya manusia, memasarkan produk lokal, mendirikan pusat kreasi di pelosok Karawang, terakhir sebagai pendukung dalam mencapai creative city dan villages city.

“point itu merupakan Peta Jalan yang akan dikembangkan oleh Komite Ekraf, dan untuk pelaksanaannya tentu memerlukan dukungan dan kerjasama sinergis dengan kawan-kawan lain baik Pemerintah Daerah, Komunitas, Asosiasi, Media dan Dunia Usaha,” tambahnya.

Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Karawang, Nanang mengungkapkan adanya pengajuan kolaborasi ini di dukung penuh oleh pemerintah daerah. Ia menyatakan siap untuk membangun komunikasi dengan sejumlah OPD di Karawang untuk meningkatkan ekraf.

“Kawan-kawan Ekraf sejak masih berupa Forum telah menunjukkan konsistensinya membantu Pemerintah Daerah dalam mengembangkan Ekonomi Kreatif di Karawang. Saya kira hal ini patut diapresiasi dan dikolaborasikan dengan dinas-dinas terkait sehingga ada sinergis antara Pemerintah Daerah dengan Masyarakat dan pihak lainnya. Bappeda siap mendukung Komite Ekraf dalam membangun komunikasi dan kerjasama sinergis dengan OPD-OPD di Kabupaten Karawang,” tutupnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...