Perumahan Ini Dijuluki Kota Mati Lokasinya di Karawang

foto Detik.com

Jakarta – Perum Karawang Baru bak urban legend di kalangan masyarakat Karawang. Dijuluki Kota Mati Tommy Soeharto, perumahan terbengkalai itu jadi lokasi wisata horor.

Perum Karawang Baru terletak di Desa Karang Anyar, Kecamatan Klari. Perumahan ini ramai dibicarakan di media sosial karena termasuk dalam jajaran kota mati di Indonesia.

Saat ini, bangunan-bangunan terbengkalai di Perum Karawang Baru kerap didatangi pembuat konten horor. Selain itu, gedung-gedung ini juga dijadikan spot foto preweddng.

Dikutip dari detikJabar, Perum Karawang Baru sebenarnya tak benar-benar ditinggal penghuninya. Di sana masih ada beberapa orang yang tinggal meskipun hanya satu RW.

Menurut keterangan dari salah satu tokoh masyarakat yang juga Direktur Kesekretariatan DPD KPLHI (Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia) Dodon Albantani sebelum dibangun menjadi perumahan, Perum Karawang Baru merupakan lahan kebun karet.

“Kebetulan saya lahir di sini, dan orang tua pernah bekerja di sini sebagai pekerja perkebunan karet pada tahun 1991. Jadi dulu itu lahannya milik PTPN 12 dengan luas kalau tidak salah 1.200 hektar,” kata dia.

“Jadi pada masa Orde Baru, lahan perkebunan ini tidak tau mengapa bisa dikuasai oleh 4 perusahaan milik keluarga Cendana, atau Tommy Soeharto namanya itu PT Hutomo Mandala Putra, PT Graha Jati Indah, PT Adiyesta Cipta Tama, PT Sentra Bumilokatama,” ujarnya.

Kemudian pada 1993 – 1997, PT Hutomo Mandala Putra resmi membangun kawasan industri mobil Timor. Tak lupa dia juga membangun perumahan Perum Karawang Baru sebagai tempat tinggal para pegawai.

Sayangnya, proyek ini terkena masalah pembayaran pajak pada tahun 1998, tepat saat Orde Baru tumbang.

“Jadi pada era reformasi ditinggal sama developer dan ternyata dari tahun 1993 pajaknya tidak terbayar,” kata dia.

Setelah itu, pada tahun 2015 diakuinya Hak Guna Usaha (HGU) dan Hak Guna Bangunan (HGB) nya dicabut. Karena pencabutan itu, penjarahan tak terhindarkan. Pasalnya,penghuni dan penjaga keamanan di kawasan tersebut mulai meninggalkan Perum Karawang Baru. (sumber detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sekolah Sahabat Anak Diterapkan, Begini Manfaatnya

Karawang – Program Sekolah Sahabat Anak di Karawang saat ini ...