Pemkab Karawang Berkomitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Mulai Dari Informasi Hingga Ruang Laktasi

Karawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang berkomitmen mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang mengharmoniskan upaya tersebut dengan berkolaborasi.

Dihadirkan pada acara Live Talkshow KLA di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Sturada 89,4 FM, Diskominfo Kabupaten Karawang turut menghadirkan Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Bagja Tree Karita dan dari Dinas PUPR Kabupaten Karawang yakni Sub Koordinator Pemeliharaan Bangunan Ani Sofiyani.

Harmonisasi atau menyelaraskan persepsi dalam mewujudkan KLA pada kedua dinas ini untuk menciptakan langkah-langkah apa saja yang nantinya akan dilakukan. Bagja menuturkan, pihaknya akan terus mendukung semua program dalam mewujudkan KLA dengan memberikan semua informasi kepada masyarakat.

“Terkait imbauan, edukasi, dan apapun itu yang sifatnya informasi kami selalu hadir untuk memberikan itu. Tentunya harus adanya kolaborasi dari seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) agar kita sama-sama bisa mewujudkan Karawang Layak Anak,” ujarnya.

Sementara itu, Ani mengatakan, selama ini pihaknya terus melakukan upaya dalam membangun infrastruktur bangunan yang ramah serta layak untuk anak. Baik dalam lingkungan publik maupun pada lingkungan pemerintahan.

“Selama ini kita selalu berupaya melakukan itu melalui pembangunan, di mana kita membangun khusus ruang laktasi atau ibu menyusui. Ruang laktasi bukanlah sembarang ruangan, sebab ini adalah wujud hak otonom bagi perempuan di masa menyusui,” ungkapnya.

Ia mengakui, tidak semua gedung pemerintahan pada lingkungan Pemkab Karawang yang memiliki fasilitas ramah anak. Hanya saja pihaknya memfokuskan pada gedung pemerintahan yang sifatnya pelayanan untuk publik yang sering didatangi oleh masyarakat.

“Gedung perkantoran memang tidak semua ada, tetapi kita fokuskan kepada gedung perkantoran yang sifatnya pelayanan, di situ kami sediakan ruang laktasi dan ada fasilitas tempat bermain bagi anak,” tuturnya.

Dengan demikian, Diskominfo dan Dinas PUPR Kabupaten Karawang akan terus berkomitmen sekaligus mendukung KLA pada Kabupaten Karawang dengan upaya memberikan fasilitas dan informasi. (rls/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...