Kampus Unsika Mewisuda 1500 Mahasiswa

Faktajabar.co.id – Sebuah perjalanan pasti akan ada akhirnya. Sama halnya seperti pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa pada bangku perkuliahan. Dengan berbagai perjalanan yang dilewati, semua yang diusahakan pasti akan berbuah manis atau pahit, tergantung dari seberapa besar usaha yang telah dilakukan. Akhir dari perjalanan kuliah yang telah dilaksanakan yaitu adalah saat dimana mahasiswa lulus dan diwisuda. Hal tersebut juga yang telah dirasakan oleh Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika).


Bertempat di Gedung Aula Unsika Karawang dengan dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. H. Ade Maman Suherman menyelenggarakan upacara Wisuda Gelombang I Tahun akademik 2023/2024. Pada wisuda Gelombang I Tahun akademik 2023/2024 ini Unsika Karawang meluluskan sebanyak 1500 orang yang terdiri dari 11 lulusan Program Diploma, 487 lulusan program Sarjana 1, dan 2 lulusan Magister. Selasa 24 Oktober 2023.


Dalam sambutannya Rektor Unsika Prof. Dr. H. Ade Maman Suherman, SH, M.Sc menyampaikan wisuda bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar, namun sebaliknya ilmu yang yang sudah saudara dapatkan di kampus ini akan dilanjutkan untuk digunakan berperan serta membantu memberikan solusi/jalan keluar kepada Masyarakat dalam menyelesaikan permasalah yang semakin komplek kedepan.


“Kepada para mahasiswa Unsika Karawang setelah dari wisuda ini saya harap dapat lebih mengembangkan kompetensi diri pada profesi yang telah diperoleh pada program studi masing – masing. Sehingga dapat menggeluti profesi dengan sebaik – baiknya secara professional, dan juga bisa berkontribusi pada perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara” ucap Rekstor Unsika.


Dikatakannya, belajar adalah sebuah solusi mental atau sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon tapi lebih dari itu.


“Bahwa belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berfikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan kehalusan budi untuk diniatkan membantu sesama. Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain,” jelas Prof Dr. Maman Suherman.


Saat ini Unsika Karawang ujarnya, terus berbenah dan mengembangkan serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mutu Lembaga dalam memberikan pelayanan terhadap warga sivitas akademika agar lebih baik, dengan mengembangkan inovasi keilmuan disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan era revolusi industry 5.0 melalu budaya Tridarma Perguruan Tinggi.


“Kami berkeyakinan bahwa pengembangan inovasi tersebut haruslah dilandasi nilai-nilai etika, akhlak dan moral tertentu yang mampu mengendalikan dan mengarahkan pengembangan inovasi untuk kemaslahatan dan kebarokahan bagi masyarakata luas,” tambahnya.


Lebih lanjut dikatakan Prof. Dr. Maman, dalam tulisannya tentang “Innovation ethics, and business”, Martin (2008) menyatakan bahawa inovasi antara lain dapat mempengaruhi banyak orang dan bahwa inovasi merupakan tanggaung jawab bersama, sebagai konsekuensinya kami berkeyakinan bahwa suatu inovasi perlu dilandasi nilai-nilai etik dan akhlak baik, yang menjamin bahwa inovasi tersebut tidak disalhgunakan atau berdampak negative terhadap Masyarakat luas, sebaliknya inovasi yang dikembangkan haruslah memberi kemanfaatan/maslahat yang besar bagi Masyarakat luas.


“Kami menyebut inovasi berlandaskan nilai-nilai etika tersebut sebagai innovaethics value,” katanya
Menurutnya, apa yang dikatakan tentang perguruan tinggi dan inovasi, lebih dahulu dikemukakan oleh Mowery & Sampat (2005, dikutih oleh altman & Ebersberger, 2013) yang menyatakan bahwaakhir abad ke-20 dengan anggapan bahwa Universitas adalah bagian dari sistem inovasi, universitas harus berperan mendukung Pembangunan sosial dan ekonomi lokal maupun regional.


“Maka Universita Singaperbangsa Karawang harus berkembang menjadi entrepreneurial university yang rahmatan lil’alamin,” ujar Rektor Unsika Karawang.


Mengakhiri sambutan pada Upacara Sidang Senat terbuka Wisuda Gelombang I Progran Magister, Program Sarjana dan Program Diploma Universitas Singperbangsa Karawang mengucapkan ucapan Selamat dan Apresiasi kepada seluruh jajaran civitas Unsika Karawang atas terselenggaranya seremoni wisuda ini. Dan khususnya kepada para wisudawan, prof Dr. Maman Suherman menyampaikan agar sebagai insan muda harapan bangsa yang telah lulus pendidikan formal tertinggi dan siap untuk terjun ke masyarakat, para wisudawan diharapkan mampu menjadi sosok-sosok yang pro-aktif dan senantiasa mengambil inisiatif dalam setiap kesempatan.


“Selamat dan rasa bangga kepada orang tua/wali wisudawan-wisudawati. Dan pada akhirnya menyerahkan Kembali kepeda Bapak,Ibu, Saudara,Saudari yang telah titipkan kepada kami,” pungkas Rektor Unsika Karawang Prof Dr. Maman Suherman. (rls/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...