Penderita HIV/Aids Rawan Terpapar Cacar Monyet?

Karawang – Komisi Penanggulangan Aids Daerah Kabupaten Karawang memberikan Himbauan kepada penderita HIV/Aids untuk dapat mencari informasi terkait penyakit cacar monyet dan penyakit yang lain untuk mencegah adanya penularan

Adanya temuan kasus penyakit cacar monyet yang terjadi di Indonesia, Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Karawang menjelaskan masyarakat yang telah terserang HIV menjadi rentan terpapar penyakit cacar monyet. Hal ini disebabkan oleh penurunan imunitas tubuh pada penderita HIV.

“Sifatnya HIV ini menyerang sistem imun, kalau imunnya sudah terserang, maka orang dengan + HIV ini rentan terhadap penyakit apapun termasuk cacar monyet,” ujarnya Senin (30/10/2023).

Ia menghimbau kepada penderita HIV untuk dapat mencari informasi terkait penyakit cacar monyet. Hal ini untuk mencegah terpapar dari penyakit tersebut. Ia juga menegaskan untuk tidak menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang kecil.

“Saya yakin karena orang HIV kekebalan tubuhnya sudah berkurang, maka mudah tertular salah satunya virus cacar monyet,” tambahnya.

Ia menyatakan selain penyakit cacar monyet, penderita HIV pun rentan terkena penyakit kulit. Kemudian rentan juga terpapar penyakit TBC. Ia menbbhakan untuk penyakit TBC ditularkanelalui udara dan froplet dari penderita TB.

“Contoh, TBC kan melalui udara. droplet yang dikeluarkan oleh penderita TB bisa cepat masuk kalo ke hirup sama orang HIV. Penyakit kulit juga rentan, misal 1 ruangan kan ada bakteri ya. Orang sehat kan biasanya gak akan ngaruh karena imunnya masih bekerja, tapi orang HIV keluar ruang bisa langsung gatal-gatal,”pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resmi Dilantik, H.Muksin Nahkodai Agpaii Karawang Periode 2023-2028

Karawang – DPD AGPAII Kabupaten Karawang periode 2023-2028 resmi dilantik, ...