Peringatan Hari Ibu, Karawang Tuan Rumah Kick Off Pelayanan KB

Kick off pelayanan serentak KB

Karawang – Kabupaten Karawang menjadi tuan rumah kick off pelayanan serentak KB dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke 95 sekaligus Pencanangan Gerai Yansus dan KB Perusahaan tahun 2023.

Dalam kesempatan itu, BKKBN bersama DP3AKB dan Pangdam lll Siliwangi Jawa Barat, melaksanakan pelayanan KB perusahaan di PT Chang Shin Indonesia. Diketahui, PT Chang Shin Indonesia menjadi target potensial Program KB karena memiliki lebih dari 5.000 pekerja perempuan.

Kepala BKKBN Jawa Barat, Fazar Santosa melalui Sekretarisnya Irfan Indriastono mengatakan, pada momentum Hari Ibu ini Jawa Barat punya target 247.948 akseptor yang harus dilayani. Bersamaan dengan itu, pihaknya ingin menghidupkan kembali program KB perusahaan. Sebab, para pekerja perempuan di perusahaan juga harus tersentuh pelayanan KB ditengah kesibukan mereka saat bekerja.

“Dengan bergerak secara pentahelix kami percaya program KB perusahaan bisa kembali digalakkan. Dan hari ini kita memulainya di Kabupaten Karawang,” ujar Irfan, Senin, (27/11) di Kantor DPPKB Karawang.

Irfan juga menjelaskan, pelayanan KB serentak dalam rangka Hari Ibu merupakan bentuk apresiasi BKKBN bagi perempuan khususnya para ibu yang sudah berkontribusi mensukseskan program Bangga Kencana. “Sesuai tema kali ini, Dengan ber-KB Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera, Indonesia Maju,” pungkasnya.

Disisi lain, dr. Siska Gerfianti, Kepala DP3AKB Jabar menambahkan, saat ini Jawa Barat menjadi provinsi dengan akseptor KB paling banyak di Indonesia. Hal ini tentu saja beriringan dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 48,78 juta jiwa. Berdasar data tersebut, Jawa Barat harus memaksimalkan program KB untuk bisa menciptakan penduduk yang berkualitas.

“Karena kuantitas dan kualitas penduduk akan menjadi penentu keberhasilan pembangunan,” ungkapnya.

Kepala DPPKB Karawang Sofiah yang bertindak sebagai tuan rumah kick off pelayanan Hari Ibu menjelaskan, dipilihnya PT Chang Shin sebagai lokus KB perusahaan bukan tanpa alasan. Sofiah mengatakan, Klinik Pelayanan KB PT Chang Shin merupakan barometer pelayanan KB perusahaan di Karawang.

Karawang sebagai salah satu kota industri terbesar di Indonesia, menjadi tantangan tersendiri untuk DPPKB Karawang agar bisa memberikan pelayanan KB yang berkualitas untuk karyawan perempuan khususnya para ibu dan pasangan usia subur.

“Bagi DPPKB Karawang ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk bekerja lebih baik lagi. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan KB kepada pekerja perempuan. Karena ditengah kesibukannya bekerja, mereka harus tetap mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan tanpa harus mengurangi produktifitas kerjanya,” pungkasnya. (cim/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...