Gelar Kegiatan Kurasi Kriya Untuk Pertama Kalinya, Ekraf Karawang Dorong Pemasaran melalui sistem Cross Market

Direktur Ekonomi Kreatif (Ekraf) Karawang Rahmat Wiguna

Karawang – Komite Ekraf Karawang menggelar kegiatan Kurasi Kriya yang berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranada) Kabupaten Karawang, pada hari Rabu, (6/12/2023), di Ballroom Hotel Swissbell-in, Karawang, Jawa Barat.

Kegiatan Kurasi Kriya tersebut melibatkan 40 peserta pengrajin, yang diharapkan kedepan mampu membawa kemajuan perkembangan Kriya di Kabupaten Karawang dengan menghasilkan produk-produk yang berkualitas, bervariasi dan mampu untuk dipasarkan secara nasional.

Acara ini juga dihadiri vida syefuloh sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Karawang, Kadis Perindag, Kabid Ekraf Karawang, Perwakilan Bappeda, Perwakilan Peruri, Dosen Unsika, Mahasiswa International, Perwakilan Eksportir dan 40 pelaku kerajinan Karawang.

Ketua Pelaksana Kurasi Kriya yang juga merupakan Pengurus Dekranasda Kabupaten Karawang Hezti Restriana mengatakan, Kegiatan Kurasi Kriya ini merupakan inisiatif dari Komite Ekraf Karawang dengan diikuti oleh kurang lebih 40 pengrajin, dengan narasumber dan penilainya (kurator) yang didatangkan langsung dari Bali. 10 hasil Kriya terbaik, akan dibawa oleh kurator untuk dicoba di pasarkan di souvernir store yang ada di bali.

” semoga melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif, pengrajin Karawang dapat lebih terangkat. Dan membantu agar pemasaran produk hasil kerajinan mereka, tidak lagi kesulitan. Kita akan mendorong bukan hanya ke Bali tapi juga ke Yogyakarta,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Direktur Ekonomi Kreatif (Ekraf) Karawang Rahmat Wiguna mengungkapkan, Kurasi Kriya ini merupakan kegiatan pertama kalinya di Kabupaten Karawang hasil dari kolaborasi antara Dekranasda dengan Ekraf Kabupaten Karawang. Yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk, menciptakan diversifikasi produk, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tren atau perkembangan pasar bagi para pengrajin, agar dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen yang lebih luas.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin para pengrajin di Kurasi Kriya ini untuk bisa memasarkan hasil produk-produk kerajinannya ke tingkat yang lebih luas lagi, sekaligus untuk memperkenalkan bahwa di Karawang ini mempunyai produk-produk kerajinan yang mampu bersaing dan lebih luas lagi pemasaran dan penjualannya melalui sistem Cross Market,” ungkap Rahmat Wiguna.

“Kurasi Kriya ini baru pertama kali di adakan di Karawang. Dan tim penilai nya pun langsung di datangkan dari Bali, karena produk-produk kerajinan yang ada di Kurasi Kriya Ekraf Karawang ini sudah ada yang dipasarkan di Bali,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Yayat Hidayatuallah, turut mengapresiasi kegiatan Kurasi Kriya tersebut apalagi kegiatan ini digelar pertama kalinya di Kabupaten Karawang. Dengan adanya kegiatan ini kedepan Pemerintah Kabupaten Karawang akan membantu dan mendorong sekali agar para pengrajin ekraf dapat memasarkan secara luas produk-produknya.

“kita ada program -program seperti undangan- undangan pameran, di tahun 2024 besok sudah banyak sekali pameran yang akan kita ikuti. Kita akan optimalkan promosi Kerajinan Ekraf kita, agar dapat merambah keseluruh Nusantara,” jelasnya.

Senada, Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Adhit menerangkan, mengembangkan Ekraf itu bukan hanya peran pemerintah dan pengusaha atau komunitas saja, tapi semua OPD yang ada di Kabupaten Karawang. Agar Ekraf ini harus ada di setiap Kecamatan.

“jadi tidak hanya di Kota saja, harus ada juga di setiap Kecamatan agar daya jangkau sampai ke masyarakat pesisir selatan untuk bisa diberdayakan perekonomiannya,” pungkasnya.(aip/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...