Ketua PB HMI Terpilih, Begini Visi dan Misinya

Faktajabar.co.id – Bagas Kurniawan, kandidat doktoral di Institut Pertanian Bogor, terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar HMI Kongres XXXII di Pontianak.

Terpilihnya Bagas bukan hanya menandai era baru bagi organisasi, tetapi juga membawa harapan besar akan perubahan dan inovasi dalam kepemimpinan.

Saya siap mengaplikasikan ilmu dan pengalaman saya untuk membawa HMI menjadi organisasi yang lebih responsif, proaktif, dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” ujar Bagas, Senin 11 Desember 2023.

Menurutnya, terpilih sebagai Ketua Umum PB HMI merupakan kehormatan dan tanggung jawab yang besar. Dengan visi #HMIUNTUKINDONESIA, Bagas mengemukakan empat pilar utama yang akan menjadi fokus utama organisasi: pengkaderan berkualitas, advokasi keadilan sosial, pemberdayaan sumber daya manusia, dan kolaborasi multisektor.

“Visi ini adalah fondasi bagi HMI untuk tidak hanya tumbuh sebagai organisasi, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang aktif. Kami berkomitmen untuk mengembangkan kader yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki integritas, karakter, dan kepedulian sosial yang kuat,” tambah Bagas.

Untuk pengkaderan berkualitas, Bagas berencana mengintegrasikan kurikulum yang modern dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta memfokuskan pada pembinaan karakter kader yang kuat.

“Kami akan memastikan bahwa kader HMI tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki komitmen sosial yang kuat dan siap menjadi pemimpin masa depan,” ucap Bagas.

Dalam hal advokasi keadilan sosial, Bagas menekankan pentingnya peran HMI dalam memperjuangkan kebijakan yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

“HMI akan aktif dalam mengadvokasi isu-isu keadilan sosial dan menjadi suara bagi mereka yang tidak terdengar,” kata Bagas.

Bagi Bagas, pemberdayaan sumber daya manusia merupakan kunci untuk mengembangkan HMI sebagai organisasi yang kuat.

“Kami akan melaksanakan program pelatihan dan pengembangan keterampilan untuk menyiapkan kader sebagai pemimpin masa depan yang berkompeten, serta memperkuat kolaborasi dengan berbagai sektor untuk meningkatkan dampak dan jangkauan HMI di tingkat nasional dan internasional,” jelas Bagas.

Bagas besar di lingkungan NU Jawa Timur. Dia pernah nyantri di Pondok Pesantren Avverous Nepen, Kabupaten Kediri, hingga menyelesaikan Pendidikan S1 di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan S2 Ilmu Manajemen Keuangan FEB UI.

Kini Bagas Kurniawan tengah menempuh Program Doktoral Keuangan dan Investasi di Sekolah Bisnis UI.

Bagas juga aktif di berbagai organisasi, di antaranya Wakil Ketua Umum Center of Studies for BUMN, Policy Center ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia), Co-Founder Yayasan Daha Cendekia Kediri, Ketua Umum HMI FEB UI, serta Ketua Umum HMI Cabang Depok.

Latar belakangnya yang kaya akan nilai-nilai intelektualitas, keislaman, modernitas dan keindonesiaan sangat menonjol di antara Calon Ketua Umum PB HMI lainnya.(***)

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...