Upacara Bulan Menanam Pohon Nasional

Karawang – Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menggelar Upacara Bulan Menanam Pohon Nasional Tahun 2023 bertempat di Denharlat Kostrad, Karawang, Jumat (15/12/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karawang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tenaga Pendidik, Komunitas, Gapoktan, Pramuka, dan Perusahaan.

Adapun Upacara Bulan Menanam Pohon Nasional dilakukan sesuai amanat Kepres No.24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Nasional dan Surat Edaran dari Kementerian KLHK yang dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang Drs. H. Acep Jamhuri, M. Si dalam sambutannya menekankan, pentingnya gerakan menanam pohon bagi kelangsungan kesimbangan lingkungan.

Sekda Acep berharap, gerakan menanam pohon ini tidak hanya dilakukan di Karawang Selatan saja namun dapat dilakukan di seluruh wilayah dan digagas oleh seluruh unsur masyarakat.

“Kami berharap gerakan menanam pohon ini tidak hanya di Karawang Selatan, tidak hanya mempertahankan sumber-sumber mata air namun juga di kecamatan-kecamatan lain seperti Telukjambe, Ciampel, Karawang”ucap Sekda Acep.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang Wawan Setiawan mengungkapkan, tujuan dilakukannya Upacara Menanam Pohon Nasional selain ntuk menjaga keseimbangan lingkungan juga sebagai upaya persiapan mengahadapi musim kemarau.

“Musim kemarau yang panjang saat ini kita menanam pohon di area-area yang kita nilai sudah gundul dan diprioritaskan di beberapa wilayah sumber mata air”

“Diharapkan dengan upaya tersebut kita akan lebih siap menghadapi musim kemarau, kemudian untuk memulihkan sumber daya alam hutan dan lahan, adaptasi perubahan iklim dan mitigasi bencana alam , mengatasi pemanasan global, mengatasi polusi udara,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...