Pastikan Keamanan Saat Natal, Tim Jibom Polda Jabar Lakukan Sterilisasi Gereja di Karawang

Karawang – Untuk memberikan rasa aman bagi umat kristiani pada saat perayaan hari Natal 2023, jajaran Polres Karawang bersama Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi pengamanan disejumlah gereja yang ada di Kabupaten Karawang.

Demikian hal itu disampaikan oleh Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kapolsek Karawang Kota, Kompol Marsono saat diwawancara wartawan Kantor Berita RMOL.Jabar di lokasi sterilisasi pengamanan yang ada di Gereja Kristus Raja Karawang, Jalan Parahyangan, Kelurahan Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Minggu (24/12) siang.

Dikatakan Marsono, sejumlah personel gabungan, baik dari TNI-Polri di Kodim 0604 Karawang maupun Polres Karawang (Polsek Karawang Kota) bersama Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi gereja untuk menjamin keamanan dari para jemaah saat hendak menggelar perayaan malam misa Natal di Minggu malam, 24 Desember 2023 dan perayaan Hari Natal di Senin pagi pada 25 Desember 2023 besok.

“Jadi siang ini kami dari jajaran kepolisian bersama tim Jibom Polda Jabar, hanya melakukan sterilisasi tempat peribadatan. Setelah dinyatakan steril, nantinya kami akan menempatkan sejumlah personel gabungan bersenjata lengkap untuk melakukan tugas pengamanan kepada para jemaah yang akan melaksanakan perayaan malam misa Natal dan perayaan Natal 2023,”ungkap Marsono.

Berdasarkan pantauan wartawan Kantor Berita RMOL.Jabar di Gereja Kristus Raja Karawang, sejumlah anggota kepolisian dari Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar ini melakukan penyisiran ke setiap ruangan di gereja hingga memeriksa kursi-kursi jemaah secara detail dengan menggunakan sejumlah peralatan penjinak bom seperti halnya alat deteksi mirror dan alat deteksi metal detector.

Bahkan untuk mensterilisasikan pengamanan perayaan Hari Natal 2023 dari ancaman aksi terorisme juga, terpantau anggota Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar ini melakukan penyisirannya dengan turut menggunakan peralatan penjinak bom yang mutakhir seperti halnya peralatan yang dinamakan Rad Eye PRD (Personal Radiation Detector) hingga peralatan Carber-T, sebuah alat milik tim Jibom Polda Jabar yang digunakan untuk mendeteksi bahan peledak.

Sementara itu dikatakan Kasie Humas Polres Karawang, IPDA Kusmayadi menyebut bahwa kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di dua gereja yang berada di pusat kota Kabupaten Karawang saja. Melainkan dilakukan diseluruh tempat peribadatan umat kristiani yang ada di Kabupaten Karawang.

“Jadi untuk memberikan rasa aman, nyaman dan ketenangan bagi masyarakat Karawang yang hendak melakukan ibadah malam Misa Natal dan perayaan hari Natal, kami pihak kepolisian dari Polres Karawang bersama Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar melaksanakan kegiatan sterilisasi disejumlah tempat diseluruh wilayah di Kabupaten Karawang yang akan dijadikan sebagai tempat beribadah umat kristiani dalam merayakan perayaan hari Natal 2023 ini,” ungkap Kusmayadi.

Menurutnya, kegiatan sterilisasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian disejumlah tempat peribadatan umat kristiani, juga untuk mengantisipasi adanya ancaman aksi terorisme pada saat berlangsungnya perayaan Hari Natal 2023 di Kabupaten Karawang.

“Sehingga pada kegiatan sterilisasi kami kali ini, bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah adanya kejahatan konvensional dari aksi-aksi teror yang bisa menjadi keresahan sebagian masyarakat saat berada di pusat keramaian, tempat peribadatan, serta tempat-tempat lainnya,” kata dia.

Demi memastikan keamanan di semua rangkaian peribatannya, kata Kusmayadi menambahkan, pengecekan dilakukan secara menyeluruh. Bahkan pihaknya juga melakukan pengecekan hingga ke loker penitipan barang dan alat pemadam kebakaran yang turut disaksikan bersama oleh jajaran pengurus gereja.

“Tentunya kami dari pihak kepolisian akan mengawal semua rangkaian peribatan, agar bisa berjalan dengan lancar, aman, nyaman dan tenang. Sehingga keamanan yang kami berikan kepada masyarakat umat kristiani juga, agar para jemaah bisa khusyuk dalam melaksanakan ibadahnya,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...