Dinas Sosial Apresiasi Organisasi Peduli Pemberdayaan Masyarakat

Dinas Sosial Memberikan penghargaan pada organisasi peduli masyarakat

Karawang – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karawang menggelar peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2023 dengan mengusung tema ‘Dengan menjalin persahabatan dan kesetiakawanan kita menjadi kuat’ yang dilaksanakan di Galeri Bale Indung Nyi Pager Asih.

Plt. Kepala Dinsos Kabupaten Karawang, Ridwan Salam mengakatan, peringatan HKSN merupakan peringatan yang bertujuan untuk mengenang segala sesuatu tentang perjuangan membangun kesejahteraan sosial. 

“Terdapat kata kesetiakawanan karena menggambarkan ungkapan rasa persaudaraan, solidaritas sesama kawan. Selain itu HKSN juga mengandung prinsip kehidupan rakyat Indonesia yang selalu berperilaku sosial,” ujarnya.

Ia menambahkan, hal ini untuk mengingatkan agar generasi mendatang menjaga perilaku bersosial dengan baik. Ini juga sebagai pengingat agar generasi muda tidak hidup sebagai masyarakat egosentris.

Tak hanya itu, lanjut dia, ia mengapresiasi seluruh organisasi-organisasi yang ada di Kabupaten Karawang yang senantiasa berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat.

“Kedepan kita harus selalu membangun kebersamaan dan saya berharap di setiap komponen harus ada inovasi untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman, karena hal itu nantinya akan menjadi sebuah tantangan bagi kita semua bagi generasi muda selanjutnya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ridwan, masyarakat harus menciptakan suasana yang inklusi. Sebab, pada organisasi hari ini pun terdapat organisasi penyandang disabilitas yang perlu diberikakan ruang pelibatan.

“Ada hal lain yang mungkin kita harus ingat bahwa terdapat juga hal inklusi pada organisasi saat ini, di mana terdapat masyarakat disabilitas yang juga ikut berperan dalam pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

“Apalagi, mereka yang disabilitas ini tidak ingin dibedakan, mereka ingin dianggap sama dan ini menjadi jawaban tantangan kita kedepannya untuk menciptakan masyarakat yang sadar akan inklusi sosial,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komunikasi Politik Jimmy Jelang Pilkada

Karawang – Langkah politik mantan wakil bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari ...