Karamah Abdul Qadir Jailani yang Sulit Dipercaya tapi Masyhur

Abdul Qadir Jailani adalah seorang ulama sufi yang cukup terkenal. Keberhasilannya dalam membumikan tasawuf membuat Abdul Qadir Jailani dihormati oleh masyarakat muslim hingga saat ini.
Selain itu, banyak umat Islam yang mengenal Abdul Qadir Jailani karena cerita-cerita karamah nya. Hal inilah yang membuat banyak orang takjub dengannya.

Mengutip tulisan Budi Sujati dalam Jurnal Sinau Vol. 7 No. 2 Oktober 2021 yang berjudul Historiografi Manaqib Syekh Abdul Qadir Jailani dan Perkembangannya di Indonesia, karamah diartikan sebagai peristiwa luar biasa yang Allah SWT tunjukkan melalui tangan-tangan atau kekuasaan ulama yang membenarkan keberadaan-Nya di kalangan manusia.

Karamah sering dianggap tidak rasional dan sulit dipahami oleh akal manusia bersifat di luar kebiasaan.

Zainur Rofiq al-Shadiqi dalam bukunya Biografi Syekh Abdul Qadir al-Jailani menceritakan peristiwa-peristiwa karamah yang dialami oleh Abdul Qadir Jailani. Berikut ini beberapa peristiwa yang dialami:

  1. Berpuasa sejak Bayi
    Keistimewaan Abdul Qadir Jailani telah nampak ketika beliau lahir tepatnya pada 1 Ramadan. Hal ini dikarenakan sejak masih bayi beliau ikut berpuasa dengan tidak menyusu kepada ibunya, Ummul Khair Fathimah.

Pernah suatu ketika saat langit mendung, orang-orang kebingungan menentukan waktu berbuka puasa. Maka mereka menanyakan kepada Sayyidah Fathimah akan perihal ini, sebab mereka mengetahui jika Abdul Qadir Jailani kecil sudah menyusu kepada ibunya itu tandanya telah masuk waktu berbuka.

  1. Ditantang oleh 100 Ulama
    Abdul Qadir Jailani pernah didatangi oleh 100 ulama untuk mencoba menandingi kemampuan beliau. Tibalah 100 ulama tersebut di rumah Abdul Qadir Jailani. Mereka dipersilahkan duduk, kemudian Abdul Qadir Jailani menunduk dan dari dada beliau keluarlah cahaya terang.

Cahaya tersebut kemudian menyelimuti hati 100 ulama tersebut, hingga mereka merasa kagum dan mengurungkan niat untuk memberikan sejumlah pertanyaan karena yang hendak mereka tanyakan sudah terjawab.

  1. Menghidupkan Hewan Mati
    Salah satu karamah Abdul Qadir Jailani yang terkenal adalah dapat menghidupi hewan yang mati. Salah satunya dengan cara menyambung kepala burung yang telah putus.

Suatu ketika seorang burung tiba-tiba mati karena kotorannya terkena jubah Abdul Qadir Jailani saat sedang berwudhu. Melihat itu, Abdul Qadir Jailani membersihkan jubah dan memberikannya pada fakir miskin sebagai tebusan bagi burung yang mati.

Itulah sejumlah karamah Abdul Qadir Jailani yang masyhur. Semoga menambah pengetahuan detikers mengenai ulama Islam yang terkenal.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demi Mengabdi Terhadap Tanah Kelahiran, Yana Suyatna Resmi Daftar Calon Bupati Karawang

Karawang – Menuju pilkada 2024 semaki ramai bacalon bupati Karawang ...