Jelajah Situs Waringin Pitu Leuwi Goong Makom Raden Aria Wirasaba

Makom Raden Aria Wirasaba Desa Cimahi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang

Karawang – Situs tempat bersejarah di Kabupaten Karawang cukup banyak. Dari ujung timur ke barat, selatan ke utara. Sebagai masyarakat asli Karawang perlu mengetahui hal tersebut.

Seperti di Desa Cimahi Kecamatan Klari. Disana, ada situs bersejarah yaitu Situs Waringin Pitu Leuwi Goong Makom Raden Aria Wirasaba.

Dilansir dari media Indonesia chanel, Makom Raden Aria Wirasaba beralamat di Kampung Cigoong atau yang dikenal dengan Leuwi Goong, Desa Cimahi, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Hingga kini, banyak dikunjungi wisatawan dan peziarah dari berbagai daerah ke tempat tersebut.

Yang belum mengetahui siapa sosok Raden Aria Wirasaba, sedikit pencerahan dari tokoh masyarakat tempat. Pasalnya, nama Raden Aria Wirasaba pun diabadikan dalam nama jalan di perkotaan Kota Pangkal Perjuangan.

Menurut masyarakat setempat, Raden Aria Wirasaba atau Surenggono memiliki kaitan dengan awal berdirinya Kabupaten Karawang. Ia seorang utusan Sultan Agung Demak yang mendapat tugas untuk mempersiapkan penyerangan ke Batavia (kini Jakarta) yang saat itu dikuasai Belanda.

Raden Aria Wirasaba bersama ribuan prajurit dan keluarganya, pada tahun 1624 Masehi, tiba di Karawang, untuk mempersiapkan logistik bagi tentara Sultan Agung yang akan menyerang Belanda di Batavia, dengan membangun gudang-gudang beras.

Kemudian Raden Aria Wirasaba mendirikan tiga desa sebagai lumbung padi, yaitu: 1.Desa Waringin Pitu (sekarang Telukjambe), 2.Parakan sapi (sekarang Pangkalan serta Tegalwaru) dan 3. Adiarsa (sampai sekarang namanya Adiarsa).

Selain itu, Raden Aria Wirasaba juga memilih rute penyerangan guna memudahkan pasukan Sultan Agung.

Kisah Raden Aria Wirasaba yang diceritakan secara turun temurun ke masyarakat hingga menjadi catatan sejarah.

Makom Raden Aria Wirasaba Desa Cimahi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang

Aan Ade Warino (34), salah seorang peziarah mengatakan, selaku pemuda harus mengetahui sejarah di Karawang. Situs budaya dari ujung kulon hingga hilir harus dilestarikan.

Aan juga mengaku, mulanya tidak mengetahui Situs Makom Raden Aria Wirasaba di Desa Cimahi Kecamatan Klari. Namun ia melakukan penjelajahan hingga ke lokasi Makom Raden Aria Wirasaba di Leuwi Goong Cimahi.

“Saya sih senang bisa mengetahui Cagar Budaya ini.Jadi menambah pengetahuan baru bagi saya yang masih muda,” kata Aan.

Perjalanan Menuju Situs Makom Raden Aria Wirasaba

Situs Makom Raden Aria Wirasaba lokasinya di tengah persawahan dan dipinggir situ. Sekitar 4 sampai 5 kilometer dari Jalan Raya Kosambi – Cimahi. Di padati pohon besar dan rindang serta berhimpitan dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU) masyarakat setempat. Suana sejuk dan tempat luas bisa dimanfaatkan wisatawan atau peziarah.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...