KPU Catat 17 Kecamatan Rawan Bencana, 313 TPS Alternatif Disiapkan

Karawang – Sedikitnya 313 Tempat Pemungutan Suara (TPS) alternatif di Karawang yang disiapkan di 17 kecamatan karena rawan bencana untuk pelaksanaan Pemilu,14 Februari 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang Mari Fitriana, mengatakan TPS alternatif tersebut, berdasarkan data yang dihimpun PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara).

“Karena saat hari pencoblosan, curah hujan diperkirakan masih akan berlangsung sebagaimana prakiraan cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika),” katanya.

Lanjut Mari, TPS alternatif terbanyak yang disiapkan KPU terdapat di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur mencapai 137 TPS. Selanjutnya di Kecamatan Karawang Barat 28 TPS. Kecamatan Cikampek 24 TPS, Kecamatan Cilamaya Wetan 21 TPS, Kecamatan Jayakerta 18 TPS, Kecamatan Rengasdengklok 17 TPS.

Di kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Tempuran dan Kecamatan Telukjambe Barat sama-sama 13 TPS. Kecamatan Purwasari 11 TPS, Kecamatan Pakisjaya 10 TPS, Kecamatan Pangkalan 5 TPS. Selain itu, disiapkan masing-masing 4 TPS alternatif di Kecamatan Batujaya, Kecamatan Pedes dan Kecamatan Cilebar.

Yang sedikit disiapkannya TPS alternatif di wilayah kecamatan rawan bencana alam tersebut, sambung Mari, adalah di Kecamatan Kotabaru hanya 2 TPS. Sementara yang dinilai cukup 1 TPS alternatif ini terdapat di Kecamatan Tirtamulya dan Kecamatan Rawamerta.

Untuk logistik Pemilu 2024, kata Mari, yang pertama akan didistribusikan ke 30 PPK yang ada di 30 kecamatan di Kabupaten Karawang berupa bilik suara. Pengirimannya pada tanggal 15 Januari 2024.

Sedangkan kartu suara, Mari kemukakan, terlebih dahulu akan disortir lipat (sorlip) mulai hari Jum’at ini, 12 Januari 2024. Semua dari tahapan persiapan menuju pelaksanaan hari pencoblosan tersebut, Mari katakan, telah disampaikan kepada seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Karawang dalam rapat koordinasi yang digelar KPU, 11 Januari 2024.

Adapun persiapan kampanye rapat umum, Mari sampaikan, akan dilakukan rapat lanjutan dengan stakeholders terkait dan LO Parpol. “Pada prinsipnya seluruh jajaran Forkopimda, baik Pemkab Karawang, Kejaksaan, Polres, Kodim 0604, DPRD dan Bawaslu bersama KPU mendukung penuh dan siap menyukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Karawang,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...