Lagi, Dua Pesawat Tabrakan di Bandara

Faktajabar.co.id – Sebuah pesawat Korean Air “menabrak” pesawat Cathay Pacific yang tidak diisi penumpang, saat sedang meluncur di bandara Jepang yang dilanda salju pada Selasa, 16 Januari 2024 waktu setempat, dan kedua maskapai mengatakan tidak ada korban luka.

“Pesawat kami, yang sedang tidak bergerak pada saat itu tanpa penumpang atau awak di dalamnya, ditabrak oleh Korean Air A330 yang sedang melaju,” kata Cathay Pacific dalam sebuah pernyataan, melansir CNA, Rabu, 17 Januari 2024.

Korean Air juga mengonfirmasi tidak ada korban luka di antara 276 penumpang dan 13 awak pesawat Airbus A330-300 yang dijadwalkan berangkat ke Seoul Incheon dari New Chitose di pulau Hokkaido, Jepang utara.

Maskapai tersebut mengatakan pesawatnya “bersentuhan” dengan pesawat Cathay pada pukul 17.35 waktu Jepang selama pushback, ketika kendaraan pihak ketiga yang bertugas di darat tergelincir karena salju tebal.

“Tidak ada korban luka dan maskapai ini bekerja sama dengan semua otoritas terkait,” kata maskapai tersebut.

Dan untuk mencegah kesalahpahaman, pengawas tidak boleh memberi tahu pesawat berapa nomor yang akan mereka lepas landas, kata kementerian dalam pernyataan yang diunggah ke situs webnya.

“Salah satu misi terbesar saya adalah memulihkan kepercayaan terhadap penerbangan sebagai transportasi umum,” kata Menteri Transportasi Tetsuo Saito.

Kementerian juga mengatakan akan membentuk panel ahli untuk menyelidiki cara lebih lanjut untuk meningkatkan keselamatan.

Tidak ada maskapai penerbangan yang memberikan informasi mengenai jumlah kerusakan yang terjadi namun keduanya mengatakan bahwa penumpangnya ‘hanya’ perlu dipindahkan ke pesawat lain.

Petugas pemadam kebakaran bandara bersiaga setelah kecelakaan itu, namun tidak ada kebocoran minyak atau kebakaran yang terkonfirmasi, menurut Hokkaido Cultural Broadcasting.(fakta/sumber :viva.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...