Setelah Terbentuk Dua Sub Sektor, Ekraf Karawang Akan Tambah Sub Sektor Baru di Tahun 2024

Ketua Komite Ekonomi Kreatif Karawang, Rahmat Wiguna

Karawang – Tata cara Proses persiapan kurasi sub sektor seni pertunjukkan di Kabupaten Karawang, berbeda dari dua sub sektor kriya dan kuliner. Setelah melakukan dua kali kurasi untuk dua sub sektor yang berbeda di tahun 2023. Komite ekonomi kreatif Kabupaten Karawang akan kembali mengadakan kurasi di tahun 2024. Kurasi tersebut akan diadakan untuk sub sektor seni pertunjukkan.

Ketua Komite Ekonomi Kreatif Karawang, Rahmat Wiguna mengungkapkan, untuk sub sektor ini dibagi menjadi beberapa kategori, saat ini pihaknya sedang persiapkan kurasi seni pertunjukkan.

“Kami sedang persiapkan kurasi seni pertunjukan, persiapannya itu membutuhkan waktu satu sampai dua bulan. Besok akan melakukan rapat kedua. Rencana menggandeng lagi UPI dan ISBI sebagai kuratornya. Kemudian kategorinya itu seni tradisional, modern, campuran, religi,” ungkap Rahmat Wiguna, pada hari, Kamis, (25/1/2024) saat ditemui langsung dikantornya.

Ia menjelaskan, proses kickoff kurasi akan dimulai pada Selasa (20/2). Sistem kurasi akan dilakukan melalui pengumpulan video penampilan terlebih dahulu. Kemudian setelah terpilih beberapa video, maka akan diajukan kepada kurator untuk penilaian. Prediksi untuk jumlah peserta yang akan mendaftar sebanyak 1000 orang.

“Kami akan memulai kickoff proses persiapannya di 20 Februari. Proses kurasi awal akan dilakukan melalui video yang dikumpulkan dari semua pelaku seni pertunjukkan. Selanjutnya video ini akan dinilai oleh kurator, prediksi kita akan ada 1000 peserta tapi kita juga akan batasi yang terlihat sangat potensial yang akan kita ajukan kepada kurator,” jelasnya.

Adapun, di setiap kategori yang akan diambil sebanyak 10 sampai 20 video yang mempunyai potensi. Pengiriman video pun akan dilakukan melalui link website yang akan disediakan. Selanjutnya untuk aturan durasi waktu video maksimal selama 5 menit.

“Inginnya ada 10 sampai 20 seni pertunjukkan yang akan kita nilai dari masing-masing kategori. Seni pertunjukkan ini bukan hanya barang tapi kemampuan, seni seseorang yang di nilai. Maksimal durasi video 5 menit, video akan dikirimkan melalui link Google Chrome,” ujarnya.

Kendati demikian, hasil dari kurasi ini akan ditampilkan sekitar Juni dan Juli. Selanjutnya setelah itu akan mengikuti proses penilaian untuk menjadi kota kreatif di bulan Agustus hingga bulan September.

“Tahun ini ikut lagi penilaian kota kreatif bulan Agustus sampai September. Penampilan juara hasil kurasi Juni Juli. Harapannya nanti menjadi tujuan wisata ke Karawang dari bidang seni pertunjukkan. Banyak instansi yang terlibat seperti bidang budaya, komunitas, BMMK dan akademisi,” pungkasnya.(aip/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resmi Dilantik, H.Muksin Nahkodai Agpaii Karawang Periode 2023-2028

Karawang – DPD AGPAII Kabupaten Karawang periode 2023-2028 resmi dilantik, ...