SDN Karyasari I Dapatkan Juara Perlombaan

Karawang – Kepala Sekolah SDN Karyasari I menciptakan gerakan tari kreasi berasal dari adanya penebangan pohon yang mengakibatkan bencana alam.

Sekolah Dasar Negeri Karyasari I baru saja mendapatkan beberapa prestasi dalam ajang OSN, KOSN, FLS2N tingkat Kecamatan Rengasdengklok. Rida Ratna, Kepala Sekolah SDN Karyasari I mengungkapkan prestasi ini mulai dari juara 1 untuk karate putra, juara 3 untuk karate putri, juara 2 kategori bola volly putri, juara 2 kategori atletik putra, juara 2 kategori menyanyi solo, juara 3 untuk kategori tari kreasi. Sekolah ini telaah mempersiapkan waktu latihan selama 3 bulan untuk semua kategori.

“Sekitar 3 bulan, selama proses latihan dibimbing oleh guru dan pelatih ekstra kurikuler,” ujarnya Kamis (8/2/2024)

Di kategori seni tari kreasi menampilkan gerakan yang menunjukkan pelestarian alam. Gerakan ini bercerita tentang kehidupan sebuah pohon yang di ganggu oleh kedatangan manusia dengan cara menebang pohon secara liar. Kemudian dari penebangan liar tersebut mengakibatkan bencana alam.

“Tari kreasi ada tema menjaga kelestarian Alam. Menceritakan sebuah pohon di hutan yang sedang menikmati hidupnya tiba tiba diganggu oleh penebang hutan, sampai pohon marah dan murka terjadi bencana alam . Namun setelah itu manusia sadar dan merasa bersalah sehingga menanam hutan kembali dan hutan menjadi aman kembali. Karya saya kepsek SDN Karyasari I, Rida Ratna Purwanti. Saat melatih gerakan saya dibantu oleh ibu Sindi Triyani,” tambahnya

Ia membutuhkan waktu selama satu minggu untuk mendapatkan gerakan. Ia menjelaskan terdapat beberapa improvisasi dalam gerakan. Ketika menciptakan gerakan ia tidak melihat dari sosial media. Tarian ini ditampilkan oleh siswa dan siswi kelas 4.

“Anak kelas 4. Tidak ada kendala apapun justru anak-anak nya semangat saat latihan. Lumayan satu Minggu merancang koreo. Tidak, tapi beberapa menggunakan gerakan umum tarian, tp improve disesuaikan dengan tema fungsinya. Misalnya gerakan menebang pohon, menyiram pohon, kena angin topan itu gerakan tarian sesuai tema,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sekolah Sahabat Anak Diterapkan, Begini Manfaatnya

Karawang – Program Sekolah Sahabat Anak di Karawang saat ini ...