Akuatik Karawang Persiapkan Atlet Renang di Porprov 2026

Akuatik Karawang

Kejuaraan Renang Digelar Akuatik Karawang

Karawang – Tiga sub nomor renang Akuatik akan mulai dilakukan pembinaan bagi atlet untuk persiapan Porda atau Porprov tahun 2026.

Ruslan Abdul Gani, Ketua Cabang Olahraga Akuatik Karawang menyampaikan ada 5 nomor renang akuatik di Karawang. Nomor ini ada dari renang kolam, renang indah, polo air, loncat indah dan renang di perairan terbuka seperti sungai, laut. Meski begitu di Karawang sejauh ini atlet renang masih banyak menekuni nomor renang kolam.

“Jadi di renang akuatik itu ada 5 sub akuatik pertama renang kolam, kedua renang indah, ketiga polo air ke empat itu loncat indah, terakhir itu renang di perairan terbuka seperti sungai. Karawang mayoritas memang lebih ke renang kolam karena itu dasar di akuatik, setelah itu akan bisa pindah ke sub yang lainnya,” ujarnya Selasa (27/2/2024).

Cabang olahraga ini pernah mendapatkan medali perak dan perunggu pada Kejuaraan Pekan Olahraga Tingkat Daerah (Porda) tahun 2018 untuk sub nomor renang indah. Sub nomor renang kolam hingga sekarang belum mendapatkan prestasi di tingkat PORDA.

“Prestasi akuatik Karawang waktu Porda tahun 2018 kita mendapatkan medali perak dan perunggu di nomor sub akuatik renang indah kalau di nomor sub renang kolam belum bisa memberikan prestasi untuk Karawang karena memang kita bersaing dengan kabupaten dan kota lain yang sudah lama pembinaannya. Saya selaku ketua akan terus berusaha optimal untuk semua sub akuatik bisa berjalan pembinaannya,” tambahnya

Selain itu prestasi lainnya, telah ada satu atlet yang telah mewakili Provinsi Jawa Barat di perlombaan O2SN ke tingkat nasional. Atlet ini sekarang masih menempuh pendidikan di SMAN 1 Cikampek. Selanjutnya untuk langkah tahun ini telah dimulai dengan diadakan kejuaraan antar klub. Kegiatan ini untuk melakukan evaluasi dalam membina atlet.

“Prestasi terbaru di cabor renang ada satu atlet kami di renang kolam yang mewakili Provinsi Jawa Barat di O2SN tingkat nasional. Ketika di tingkat provinsi mendapatkan medali emas, atlet ini sekolah di SMAN 1 Cikampek. Kegiatan tahun ini diawali dengan kejuaraan renang antar perkumpulan se Kabupaten Karawang. Tujuannya sebagai evaluasi klub yang ada di Karawang dalam membina atletnya,” imbuhnya.

Kejuaraan ini akan diadakan setiap 4 bulan. Dalam kegiatan ini untuk juara pertama diperoleh oleh klub Gaga Swim. Sejauh ini telah ada sebanyak 35 klub renang yang terdapat di Karawang. Setiap klub mempunyai anggota sebanyak 100 hingga 180 atlet. Langkah ke depan akan diadakan kegiatan kejuaraan untuk sub nomor akuatik lainnya.

“Kejuaraan ini agenda setiap 4 bulan, mudah-mudahan di bulan berikutnya ada kompetitif yang bagus dan terus meningkatkan pembinaan. Kalau di kejuaraan kemarin yang menjadi terbaik itu Gaga Swim, sudah ada 35 klub renang dengan jumlah anggota satu klub itu 100 sampai 180 atlet. Alhamdulillah animo masyarakat Karawang setelah banyak kolam renang sudah mulai terlihat. Saya harus banyak event yang dilakukan supaya pelatihnya dapat membagi atletnya. Insyallah kami ke depan tidak hanya di renang saja tapi akan ada sub akuatik renang lainnya yang akan dipertandingkan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan untuk renang indah membutuhkan kemampuan bertahan nafas. Atlet dalam posisi vertikal dengan kondisi kepala di bawah. Atlet akan bertahan nafas selama 30 detik hingga 1 menit untuk menampilkan koreografi.

“Renang indah itu betul-betul kemampuan bertahan nafasnya sangat tinggi karena posisi badannya itu vertikal tapi kepala di bawah, jadi yang bergerak hanya kakinya saja dalam waktu 30 detik sampai 1 menit dengan gerakan koreografi. Saya harus banyak event yang dilakukan supaya pelatihnya dapat membagi atletnya. Insyallah kami ke depan tidak hanya di renang saja tapi akan ada sub akuatik renang lainnya yang akan dipertandingkan,” terangnya.

Selanjutnya untuk pola air, atlet akan membawa bola tangan dengan posisi kepala di atas. Kesulitan untuk nomor sub ini terletak pada posisi mengapung. Bola yang dibawa akan di berikan kepada teman di tim.

“Polo air ini bermainnya seperti bola tangan menggunakan lemparan tangan tapi harus mampu mengapung di air selama mungkin. Polo air ini cukup membutuhkan kondisi fisik yang optimal karena harus berenang dengan posisi kepala di atas untuk membawa bola untuk diberikan kepada teman di tim dan mengapung di air,” jelasnya

Sub nomor perairan terbuka wajib dapat mengetahui gelombang dan arus air. Nomor ini mempunyai 3 jarak perlombaan. Kemudian akan ditempatkan wasit di berbagai arah. Di tahun 2024 ini akan dilakukan pembinaan untuk 3 sub nomor akuatik lainnya. Hal ini untuk mempersiapkan atlet dalam kejuaraan Porda di tahun 2026 mendatang.

“Perairan terbuka itu berenang di laut, sungai, danau dengan nomor yang dilombakan itu jarak 10 kilometer, 3 kilometer, 5 kilometer. Kalau di perairan terbuka kita harus tahu arus, gelombang kalau tidak bisa menyesuaikan dengan situasi air dapat terbawa air. Renang perairan terbuka itu ada banyak wasit karena harus melihat semuanya. Kita rencana latihan masih di kolam renang, lokasi memang kita belum memulai pembinaan. Insyallah di tahun 2024 ini mulai pembinaan untuk renang perairan terbuka. Selama ini kita hanya konsentrasi di renang kolam dan renang indah saja. Target tahun 2024 ini akan membina atlet untuk 3 nomor sub akuatik. Pembinaan untuk mempersiapkan Porda di tahun 2026 nanti. Di Karawang ini yang baru ada pembinaan renang indah ada di klub pirates,” pungkasnya.(cim/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...