PENGURUS HAPMI KARAWANG PERSIAPKAN ANGGOTA UNTUK LOMBA CIPTA LAGU TINGKAT PROVINSI

Pelantikan HAPMI Kabupaten Karawang

Karawang – Pengurus periode 2023 hingga 2028 Himpunan Artis Penyanyi Musisi Karawang akan memberikan pelatihan menyanyi dan menulis lagu bagi semua anggota.

Himpunan Artis Penyanyi Musisi Indonesia Kabupaten Karawang mengadakan pelantikan untuk pengurus periode 2023 sampai 2028. Achmad Djohansyah, Ketua DPC HAPMI Karawang mengaku merasa berat menjabat sebagai ketua HAPMI untuk periode saat ini. Hal ini disebabkan oleh adanya prestasi yang telah berhasil di raih pada saat ia memimpin di periode sebelumnya. Target kepengurusan terbaru ini menciptakan prestasi hingga tingkat internasional.

“Bagi saya tentu terasa sangat berat sekali karena prestasi sudah di pupuk sebelumnya sudah sangat baik, ke depan harus lebih baik lagi. Harapannya kita bisa sinergitas dengan para stakeholder terkait dan juga kita bisa mengangkat talenta musik di Karawang karena di Karawang ini gudang untuk seni dan budaya. Saat ini pengurus periode terbaru ada 18 orang,” ujarnya Sabtu (2/3).

Program yang akan dilakukan yakni akan mengaktifkan program festival untuk remaja putra dan putri. Kemudian akan mengadakan kegiatan untuk kesekian tradisional, kelompok golden memori dan festival dewasa putra dan putri. Ia menyampaikan kendala yang dialami penyesuaian jadwal antar pengurus, sebagian besar pengurus saat ini merupakan wiraswasta.

“Kita akan aktifkan kembali program festival remaja putra dan putri kemudian kesenian tradisional, kelompok golden memori, festival dewasa untuk putra dan putri tapi secara bertahap. Semua pengurus di HAPMI Karawang wiraswasta, jadi membagi waktu antara kesibukan bekerja dan organisasi,” tambahnya.

Tidak hanya itu, ia pun akan mulai melakukan evaluasi dan memberikan latihan bagi anggota untuk menciptakan lagu. Pelatihan ini sebagai langkah persiapan dalam mengikuti perlombaan cipta lagu yang diadakan oleh HAPMI Provinsi Jawa Barat. Ia mengaku informasi terkait perlombaan cipta lagu baru pertama kali di peroleh ketika kegiatan pelantikan.

“Jujur saja informasi ini baru kami terima hari ini, jadi kami akan evaluasi tentu saja kami akan ikut bertasipasi. Dibutuhkan seniman yang kreatif, kami akan ikuti aturan dari HAPMI pusat. Seperti yang diketahui lagu Hypne HAPMI Karawang itu murni ciptaan dari anggota HAPMI Karawang. Tentu kita mempunyai bakat untuk menciptakan lagu dan menyanyi,” imbuhnya.

Selanjutnya ia mengungkapkan saat ini telah ada satu anggota HAPMI yang akan di terbitkan ke tingkat nasional. Program ini pun tidak lepas dari dukungan semua anggota dan orangtua. Ia pun menjelaskan bagi masyarakat umum pun dapat bergabung menjadi anggota HAPMI, pelatihan yang diberikan juga tidak dikenakan biaya apapun.

“Anggota HAPMI Karawang ini sudah kita terbitkan di tingkat nasional. Kalau nasional sudah kita programkan, kita punya Shakira yang akan lebih kita dorong untuk ke tingkat nasional. Tentu program kita rutin untuk membina dan melatih semua anggota, keberhasilan program ini juga tidak lepas dari dukungan orangtua. Sangat terbuka untuk masyarakat umum karena ini menjadi tempat untuk menampung bakat dan kemampuan. Latihan di kami tidak di pungut biaya apapun, pembinaan di kami sangat tersusun dengan baik karena kami sudah berhasil mendapatkan juara satu tingkat provinsi 2 tahun berturut-turut,” jelasnya.

Aep Syaepuloh, Bupati Karawang menegaskan untuk setiap kegiatan yang diadakan oleh pemerintah dan perusahaan wajib untuk menggunakan kesenian dan kebudayaan asli Karawang. Selanjutnya ia juga mengungkapkan telah menjadi tugas bagi kepala bidang kebudayaan yang baru saja dilantik untuk mengangkat kesenian dan kebudayaan di Karawang.

“Ini PR juga bagi kepala bidang kebudayaan yang baru, saya sampaikan kita haru mempunyai kesenian dan kebudayaan. Alhamdulillah kita kaya dengan sumber daya alam yang sangat luar biasa. Alhamdulillah hari ini Disparbud sudah mulai kolaborasi dengan Kesra. Ke depan acara di Kabupaten Karawang harus menggunakan kesenian dan kebudayaan asli Karawang, bila perlu setiap ada kegiatan di perusahaan pakai event organizer asli Karawang,” ungkapnya.

Ketua HAPMI Provinsi Jawa Barat, Gunawan Sumadikara menyampaikan rasa bangga untuk prestasi yang berhasil di raih oleh DPC HAPMI Karawang di periode pengurus sebelumnya. Ia mempunyai harapan agar kepengurusan yang terbaru dapat menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional. Di kesempatan tersebut juga ia mengatakan jika pada tahun 2024 akan diadakan kejuaraan cipta lagu bagi semua anggota di semua kabupaten dan kota yang berada di Privinsi Jawa Barat. Perlombaan ini menjadi kejuaraan cipta lagu pertama di tingkat provinsi.

“Kepengurusan DPC HAPMI Karawang ini luar biasa, selama beliau menjabat di periode pertama menghasilkan juara tingkat Jawa Barat. Mudah-mudahan dalam periode sekarang dapat menghasilkan juara di tingkat nasional dan internasional. HAPMI dari dulu sudah menghasilkan artis di tingkat nasional dan internasional, insyallah ada salah satu penyanyi dari Karawang ke tingkat nasional dan internasional. Insyallah kita tidak lagi mengadakan festival menyanyi tapi akan mengadakan lomba cipta lagu di tingkat Provinsi, pemenangnya nanti lagunya akan dinyanyikan oleh pemenang festival menyanyi tahun kemarin,” tutupnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...