Karawang Sabet Predikat Daerah Bebas Kusta, Cacingan dan Kaki Gajah

Karawang Sabet Predikat Daerah Bebas Kusta, Cacingan dan Kaki Gajah

Karawang – Karawang menjadi salah satu daerah dari 99 kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan bebas penyakit frambusia atau penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum Pertenue.

Bebasnya Karawang dari penyakit frambusia dengan diberikannya sertifikat penghargaan dari Kementerian Kesehatan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang diterima langsung oleh Bupati H Aep Syaepuloh SE pada acara hari NTD (Neglected Tropical Diseases) sedunia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

“Kami memberikan sertifikat ini sebagai bentuk apresiasi kepada kabupaten/kota yang terbebas dari frambusia. Agar daerah lain dapat termotivasi melakukan upaya pencegahan,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta.

Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh

Budi mengatakan Kementerian Kesehatan menargetkan tahun 2027 Indonesia harus jadi negara di regional Asia Tenggara yang terbebas dari penyakit frambusia.

Dia menjelaskan penyakit frambusia adalah penyakit yang paling sering menyerang anak-anak di daerah tropis. Disebabkan dengan infeksi bakteri kronis yang mempengaruhi kulit, tulang, dan tulang rawan.

Bupati Aep usai menerima sertifikat mengatakan penghargaan yang diterima Karawang merupakan kerja keras semua pihak dalam melakukan pencegahan.

“InsyaAllah Karawang aman dari frambusia,” katanya. Seraya mengajak seluruh pihak mempertahankan predikat ini dengan senantiasa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah masyarakat.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Imunisasi Dunia dan Pelayanan KB

Karawang – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE menghadiri acara ...