Kisah Inspiratif Polisi Wanita, Bertugas Nangkap Mucikari hingga Nyamar Jadi PSK

IPDA Herawati, Kapolsek Lemahabang

 

Karawang – Polisi wanita Karawang, Herawati memberikan pesan kepada semua perempuan untuk dapat mempercayai adanya keseteraan gender.

Dalam rangka Internasional Women Day (IWD) tahun 2024, tokoh polisi wanita Kabupaten Karawang memberikan pesan kepada semua perempuan.

IPDA Herawati (50), Kapolsek Lemahabang menuturkan telah bekerja sebagai polisi sejak tahun 1991. Ia pertama kali bertugas di Sepolwan Jakarta, kemudian pernah juga bertugas di Polda Jawa Barat, Polres Karawang, Polresta Bogor, dan kembali lagi bertugas di Polres Karawang sampai saat ini.

“Saya masuk polisi tahun 1991/1992 dengan pendidikan BA Milsuk Wan XI 1991/1992 di Sepolwan Jakarta kemudian ditempatkan di Polda Jabar, Polres Karawang, Polresta Bogor, Polres Karawang sampai sekarang,” ujarnya.

Ia menyampaikan selama bertugas menjadi polisi bukan menjadi hal yang mudah. Meski begitu ia merasa bersyukur selama di tempat kerja selalu menjunjung keseteraan gender. Ia menegaskan tidak terdapat larangan untuk semua gender melakukan pengabdian.

“Tantangan nya itu, kebanyakan kan polisi laki-laki. Kita dituntut untuk bisa bekerja seperti polisi laki-laki (secara fisik). Kita kerja setara seprofesional dan seproporsional mungkin. Pokoknya motivasi saya mengabdi kepada nusa dan bangsa serta membanggakan orang tua. Apapun gendernya, tidak ada larangan untuk mengabdi,” tambahnya.

Pada tahun 1997 ia pernah mendapatkan tugas untuk menangkap mucikari. Dalam melakukan tugas itu, ia melakukan penyamaran sebagai seorang Pekerja Seks Komersil (PSK) di salah satu tempat prostitusi. Tugas tersebut diperoleh ketika masih bertugas di reskrim.

Menurutnya, menjadi polwan juga memiliki kelebihannya tersendiri. Masyarakat bisa lebih terayomi karena polisi wanita biasanya memiliki sisi keibuan.

“Ketika jaman di reskrim kita menyamar menangkap mucikari, dan berhasil. Jaman dulu kan tidak secanggih sekarang yang setiap kejahatan bisa dilacak secara digital. Polwan bisa lebih persuasif dalam pendekatan kepada masyarakat, itu kelebihan menurut saya,” imbuhnya.

Sejauh ini Hera menikmati profesi sebagai polisi wanita. Pesan yang disampaikan kepada semua perempuan agar tetap percaya dengan adanya keseteraan. Selain itu bagi laki-laki agar dapat bekerjasama dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan adil bagi semua gender.

“Selamat hari perempuan sedunia, sebagai perempuan kita harus ikut berinvestasi dan berpartisipasi dalam kemajuan bangsa dalam bidang masing-masing dan kemampuan masing-masing,” pungkasnya.(cim/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...