Yuk Daftar Mudik Gratis, Begini Caranya

Pendaftaran mudik tahun 2024

Karawang – Provinsi Jawa Tengah masih menjadi tujuan paling banyak diminati oleh masyarakat Karawang dalam program mudik gratis.

Program mudik gratis bagi masyarakat Karawang kembali diadakan oleh pemerintah daerah. Tahun ini disediakan sebanyak 15 armada bus untuk program ini.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Karawang, Yunus Kusriwanto menyampaikan antrian panjang telah terjadi pukul 08.00 di kantor Dinas Perhubungan. Meski begitu pendaftaran dibuka sejak Rabu (13/3/2024). Kota yang akan dituju mulai dari Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Purwokerto.

“Kami siapkan 15 unit tujuannya Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Purwokerto, Garut. Masyarakat sangat antusias dan sudah sangat membludak tadi pagi jam 08.00. Kemarin kami buka melalui media sosial tapi membludaknya tadi pagi untuk mendaftarkan diri,” ujarnya Kamis (14/3/2024).

Pendaftaran dibuka dadi pukul 08.00 sampai pukul 14.00. Syarat yang wajib dibawa ketika mendaftar berupa fotocopy Kartu Keluarga dan fotocopy KTP. Tahun ini disediakan kuota pemudik sebanyak 750 orang. Bagi masyarakat yang sudah mendaftar akan diberikan nomor register, kemudian nomor tersebut dapat ditukarkan dengan tiket keberangkatan.

“Ketika kuotanya sudah terpenuhi akan kita tutup tapi untuk pendaftaran kita batasi jam nya dari jam 08.00 sampai 14.00. Kurang lebih 750 orang, syaratnya membawa fotocopy KTP domisili Karawang, fotocopy Kartu Keluarga. Mendaftar secara langsung karena nanti kita berikan nomor register untuk ditukarkan dengan tiket,” tambahnya

Pemberangkatan semua armada akan dilakukan pada 5 April mendatang. Sejauh ini tujuan Purwokerto paling banyak diminati oleh masyarakat. Tidak hanya Purwokerto saja, namun untuk Kota Semarang pun kuota penumpang sudah penuh. Tujuan Purwokerto disediakan kuota 110 orang.

“Pemberangkatan di tanggal 5 April untuk semua unit dan semua kota. Kalau untuk mudik gratis kita sudah plotkan 15 unit. Kemarin siang dibuka dan sekarang hari ke dua, paling banyak tujuan pemudik itu ke Purwokerto. Kalau untuk ke Purwokerto kuotanya di angka 110, Cirebon kuotanya hanya 50 orang. Kalau yang sedikit kita siapkan satu bus, untuk yang banyak akan kami siapkan dua bus,” imbuhnya

Kuota tahun 2024 ini meningkat dari tahun sebelumnya, pada tahun 2023 lalu hanya ada 400 kuota yang diberikan. Ia menghimbau agar masyarakat segera mendaftarkan diri secara langsung dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan. Ia menegaskan tidak akan menambahkan jumlah kuota.

“Tahun lalu sedikit hanya 8 armada dengan kuota pemudik kurang lebih 400 orang. Himbauan dari kami untuk kegiatan program mudik gratis, bagi calon pemudik agar segera mendaftarkan diri. Kalau kuota sudah penuh kita tidak bisa menambah kuota,” lanjutnya

Rita Indriyani (42), warga Pepabri Telukjambe Timur merupakan salah satu warga yang mendaftarkan diri untuk dapat ikut mudik gratis. Ia akan mudik ke Kota Purwokerto bersama dengan 3 orang keluarga. Ketika mendaftar, kuota untuk tujuan Purwokerto telah penuh. Meski begitu ia tetap mengumpulkan persyaratan, ia berharap agar diberikan kuota tambahan.

“Saya mau ke Purwokerto, saya tahu dari akun media sosial bupati kemarin sore. Kalau tadi untuk kuota ke Purwokerto sudah penuh tapi untuk antisipasi saja tetap mengumpulkan data ke petugas, katanya nanti saat ada kuota akan dihubungi sama petugas. Masih kurang karena saya saja tidak kebagian, ini baru pertama kali ikut mudik gratis,” tutupnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...