Latihan Kepemimpinan Osis PKBM Sanggar Juang

Latihan kepemimpinan untuk semua anggota OSIS PKBM Sanggar Juang

Karawang – Latihan kepemimpinan untuk semua anggota OSIS PKBM Sanggar Juang, Kecamatan Jatisari.

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) PKBM Sanggar Juang, Kecamatan Jatisari mengadakan kegiatan family gathering. Pembina OSIS PKBM Sanggar Juang, Wawan Kurniawan menyampaikan kegiatan itu merupakan rangkaian program dari sekolah leadership in education. Kegiatan terlaksana di Kebun Ketahanan Pangan Mitra Tani Makmur Balonggandu. Tujuan kegiatan tersebut untuk memperkuat rasa kekeluargaan. Selain itu sebagai wujud apresiasi dari sekolah kepada OSIS.

“Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras OSIS dan dalam rangka mengeratkan tali persaudaraan antara pengurus dan anggota OSIS,” ujarnya Senin (18/3).

Pemilihan tempat ini bertujuan sebagai wahana pendidikan edukatif. Saat kegiatan pun diberikan materi terkait proses menanam tanaman. Ia menjelaskan pengenalan pertanian berkaitan dengan kerjasama antara team. Kemudian melatih mental, fisik dan leadership untuk semua anggota OSIS.

“Banyak materi yang bisa dikolaborasikan, seperti bagaimana menganalogikan tanaman layaknya organisasi, proses penanaman dan perawatan yang memerlukan kerjasama team (network building) ataupun pemanfaatan media alam sebagai media game dan outbone dalam melatih fisik, mental dan leadership. Sebagai wahana pendidikan edukatif, selain materi kepemimpinan dan organisasi tentunya OSIS perlu materi baru yang merefleksikan. Salah satunya ecoeducation yang menyatu dengan alam,” tambahnya.

Ia menambahkan kegiatan tersebut telah membawa perubahan untuk sikap, mental, kinerja, solidaritas dan loyalitas antar anggota. Setelah mengadakan latihan kepemimpinan, OSIS akan mengadakan program Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN). Kegiatan ini berupa pembagian sembako untuk lingkungan sekitar.

“Adapun program jangka panjang osis kedepan adalah sebagai motor kegiatan siswa diantaranya dengan program PHBN, PHBI, Bakti Sosial, Sosialisasi Kedisiplinan, Melaksanakan Organisasi dan Berkolaborasi dengan Ekstrakurikuler yang Ada. Melaksanakan kegiatan bersama baik internal ataupun eksternal,” tutupnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...