Perpustakaan Keliling Langkah untuk Meningkatkan Baca

Meningkatkan minat baca di masyarakat

KARAWANG – Meningkatkan minat baca di masyarakat dapat dimulai dengan membaca buku yang disuka

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Karawang tetap menerapkan program perpustakaan keliling ke berbagai sekolah. Kepala Bidang Perpustakaan, Rina menyampaikan telah dibentuk tim perpustakaan keliling. Selain itu telah di bentuk jadwal untuk di masing-masing sekolah.

“Kami sudah memiliki jadwal dan lokasi Pustakling. Nanti ada beberapa Tim Pustakling yang akan mendatangi lokasi itu dan membawa buku-buku yang diperlukan. Misalnya, kalau lokasi itu sekolah, maka kita akan lebih banyak membawa buku anak-anak dan buku ilmu pengetahuan lainnya,” ujarnya Selasa (19/3/2024).

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan literasi membaca bagi masyarakat. Kemudian untuk menerapkan budaya baca di masyarakat. Ia menjelaskan perpustakaan keliling tidak hanya mendatangi sekolah saja, namun pustakling juga terdapat di setiap kegiatan paten.

“Kegiatan Pustakling ini, kami lakukan kepada seluruh elemen masyarakat. Jadi, tidak hanya dilakukan di sekolah-sekolah. Kami juga sering melakukan kegiatan Pustakling ini di acara Paten dan dalam kegiatan-kegiatan sosial masyarakat,” tambahnya.

Pustakawan Koordinator Layanan Disarpus Karawang, Rislini mengungkapkan telah ada peningkatan minat baca di masyarakat. Hal ini terlihat di adanya permintaan dari sekolah negeri dan swasta yang untuk mengadakan kunjungan dari tim pustakling. Ia menambahkan menambah minat baca dapat dimulai dengan membaca buku yang di suka.

“Jadwal Tim Pustakling selalu padat. Dalam sehari, kami bisa keluar dua mobil untuk lokasi yang berbeda. Kami juga memiliki target titik lokasi dalam satu tahun. Jadi, membaca itu bisa dimulai dari bacaan yang ringan. Luangkan waktu dalam sehari itu untuk membaca. Kita harus terus membangun peningkatan literasi dimulai dari diri sendiri,” tutupnya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk mengunjungi Perpustakaan Daerah. Perpustakaan Daerah memiliki banyak koleksi buku serta dilengkapi dengan fasilitas komputer yang dapat diakses dengan gratis.

“Bagi masyarakat yang rumahnya dekat dengan Perpustakaan Daerah, bisa langsung datang. Atau bisa juga datang ke perpustakaan di kantor kecamatan dan desa. Dengan adanya Pustakling ini, kami harap masyarakat yang lokasinya jauh dari Perpustakaan Daerah bisa menikmati layanan kami dengan lebih mudah,” tutupnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...