Cegah Tower Roboh, PLN Gerak Cepat Bangun Tower Emergency

PLN Gerak Cepat Bangun Tower Emergency

Faktajabar.co.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Tengah melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Karawang, berhasil menangani kerawanan instalasi terhadap kehandalan pasokan listrik.

Kerawanan Instalasi tersebut terjadi akibat permasalahan pada konstruksi Tower 12 Cirata – Deltamas yang disebabkan oleh pergerakan tanah di sekitar wilayah Gunung Karung yang terletak di Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Permasalahan tersebut ditangani dengan membangun Tower Emergency Recovery System (ERS) yang bertujuan untuk mengalihkan sementara jalur suplai listrik dari tower yang terancam longsor.

Sebelum tim pemeliharaan UPT Karawang telah melakukan langkah penanggulangan agar tower tidak roboh yang meliputi perkuatan pondasi tower, pemasangan cerucuk bambu, pemasangan sekur tower, dan perkuatan besi siku.

Manager UPT Karawang Stefanus Yan Kurniawan menjelaskan, perbaikan dilakukan secara cepat dan menyeluruh untuk memastikan pasokan listrik pada jalur tersebut tidak mengalami pemadaman.

“SUTT 150 kV Cirata – Deltamas merupakan jalur strategis dan vital karena menyuplai Kawasan Industri, termasuk diantaranya pelanggan VIP, serta beberapa obyek vital di Kabupaten Purwakarta,” ujar Stefanus, Senin 25 Maret 2024.

Tower ERS berhasil dioperasikan dalam waktu yang relatif singkat yaitu kurang lebih 9 hari kerja. Kolaborasi antar bagian dan mitigasi risiko yang baik serta pengerahan puluhan personel PLN merupakan salah satu faktor pekerjaan ini dapat selesai dalam waktu singkat.

Komitmen PLN untuk memberikan pasokan listrik yang tidak terputus bagi masyarakat menjadi motivasi bagi PLN dalam pembangunan Tower ERS ini.

“Saat ini tower tersebut telah aman untuk dialiri listrik. Proses ini akan kami pantau secara ketat guna memastikan pasokan listrik tetap aman dan andal,” tambah Stefanus.

Pada kesempatan sama, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono, menekankan pentingnya menjaga kesiapan peralatan dan keandalan pasokan listrik di sistem kelistrikan, termasuk di wilayah Purwakarta.

“Pengoperasian Tower ERS di T.12 SUTT 150 KV Cirata – Deltamas ini dapat menjaga kehandalan pasokan tenaga listrik sehingga membantu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Pasokan listrik yang andal juga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan industri dan menggerakan roda perekonomian daerah setempat,” ucap Tejo. (rls/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...