Sawala Apresiasi Seni Khas Karawang Topeng Banjet

Karawang – Tahun 2024 ini seni khas Karawang topeng banjet akan di apresiasi melalui lomba tampil selama 25 menit. Sebanyak 10 group topeng banjet akan berlomba dalam ajang Kurasi seni khas budaya Karawang yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni 2024. Sawala diadakan pada Rabu (28/3/2024) di Sanggar Seni Topeng banjet Dewi Asmara Gokgik Kecamatan Majalaya Karawang.

Setelah sekian lama keberadaan seni khas Topeng Banjet Karawang hampir redup seiring dengan modernisasi.

Hampir di setiap pesta hajatan masyakarat Karawang tidak lagi memanggil group topeng banjet untuk hiburannya, digantikan dengan hiburan yang berbasis modern.

Subkor Kesenian Disparbud Karawang Waya Karmila, mengatakan kepada admin Bmmk bahwa group kesenian khas Karawang topeng banjet menurut data dan yang sudah mempunyai SK group di kami sebanyak 46 group.

Polemik yang dihadapi oleh group kesenian topeng banjet adalah adanya kesenian yang bernuansakan modern, selain itu juga adanya topeng keliling (ngamen) yang suka menerima job di dalam pesta hajatan masyarakat.

Ketika masyarakat akan mengadakan hiburan topeng, lebih memilih topeng keliling karna budgetnya sangat murah dan masyarakat yang hajat berasumsi daripada tidak sama sekali hiburan mending yang ada dan murah.

Tujuan diadakannya kegiatan apresiasi ini lanjut Waya adalah agar masyarakat yang tidak tahu tentang topeng banjet tahu seperti apa kesenian topeng banjet tersebut, ternyata masih banyak sebagian masyarakat Karawang yang belum tahu tentang topeng banjet temen temen pegawai di Karawang juga sebagian ada yang belum tahu tentang topeng banjet, makanya dalam kegiatan nanti kami akan mengundang seluruh elemen yang ada di Kabupaten Karawang terutama kaum milenial, pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...