Rest Area KM57 Ditinjau Menko PMK

KARAWANG – Peninjauan secara langsung dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Rest Area Kilometer 57

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meninjau lokasi rest area kilometer 57. Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyampaikan himbauan untuk melakukan mudik lebih awal telah di terapkan dengan baik oleh masyarakat. Selain itu saat ini pun diberikan diskon sebesar 20 persen untuk jalur panjang dari Tol Cikampek hingga Kalikangkung. Diskon ini akan berlaku hingga Jumat (5/4) pukul 05.00.

“Hari ini saya melakukan kunjungan on the spot setelah dari kilometer 29, sekarang saya berada di rest area kilometer 57. Saya lihat disini sudah mulai padat sekali, tempat parkirnya juga sudah berjejal, pengunjung sudah ramai sekali. Ini berarti himbauan kita untuk mudik lebih awal di respon dengan baik oleh masyarakat. Termasuk diskon yang diberikan oleh pengelola tol sebesar 20 persen untuk jalur panjang dari Cikampek ke Kalikangkung sampai besok pagi jam 5 juga di respon dengan baik,” tutupnya.

Di rest area kilometer 57 telah disediakan ruangan khusus bagi ibu menyusui. Meski begitu ruangan ini masih berada di lokasi yang kurang strategis. Effendy meminta agar ruang ini dapat dipindahkan di dekat toilet wanita. Hal itu untuk mempermudah ibu.

“Saya menghimbau untuk pemudik yang belum berangkat agar segera berangkat karena masih ada diskon 20 persen sampai esok hari pukul 5 pagi. Kemudian tadi saya memberikan catatan beberapa hal, pertama ruang laktasi untuk ibu menyusui sudah tersedia tapi tempatnya kurang strategis. Kita sarankan untuk di pindahkan di dekat toilet perempuan sehingga dapat sekaligus,” tambahnya

Selanjutnya bagi pemudik agar dapat melaksanakan sholat subuh di dalam mobil. Bertujuan agar mengurangi kepadatan yang terjadi di dalam rest area. Tidak hanya itu 10 kilometer sebelum memasuki rest area, pemudik dapat mencari informasi terlebih dahulu terkait kondisi di dalam rest area.

“Kemudian untuk para pemudik yang paling padat terjadi setelah sholat subuh. Saya himbau kepada pemudik sebaiknya untuk ibadah sholat bisa memanfaatkan fasilitas sholat safar yaitu shalat dalam keadaan musafir dan bisa dilakukan di dalam mobil jadi tidak perlu turun dari mobil. Kemudian saya himbau juga mereka yang akan memanfaatkan rest area di sini mohon segera waspada ketika perjalanan 10 kilometer sebelum rest area untuk mencari informasi rest area sudah penuh atau belum. Ketika sudah penuh jangan memaksakan diri untuk masuk, lebih baik jalan terus,” imbuhnya.

Pada Jumat (5/4) tidak hanya contraflow saja yang akan diterapkan, namun akan diterapkan pula oneway pada pukul 14.00. Ia menjelaskan bagi pemudik yang masuk melalui ruas tertentu dan masih searah dengan jalur oneway maka masih diperbolehkan untuk melintas. Aturan ini berbeda dari tahun sebelumnya.

“Kalau skenarionya tetap tidak ada perubahan, mulai besok jam 14.00 akan diberlakukan penataan lalu lintas. Salah satunya itu oneway sampai nanti ke Kalikakung ke arah Timur. Setelah itu ada kebijakan contraflow, untuk oneway mudah-mudah besok bisa dilaksanakan betul. Untuk pemudik yang akan masuk melalui ruas-ruas tertentu asal searah dengan oneway itu boleh masuk tidak seperti tahun lalu. Di jalur arteri yang menuju pintu masuk pintu tol tidak akan mengakibatkan kemacetan,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...