Mau Tahu Umpan Ikan Lundu Ampuh untuk Memancing? Baca Nih

Mancing ikan lundu di Cilamaya Karawang

Faktajabar.co.id – Ikan keting atau lundu jenis ikan tawar yang banyak ditemui di Indonesia. Meski tergolong ikan yang rakus, bukan berarti pemancing bisa menggunakan setiap jenis umpan. Ada sejumlah umpan ikan keting yang ampuh untuk memancing. Simak selengkapnya di sini.

Ikan keting adalah ikan air tawar yang bentuknya menyerupai ikan lele. Bentuk tubuh dari ikan keting relatif kecil dan sedang. Ikan ini biasanya dijumpai di perairan air tawar, seperti sungai atau danau.

Bagi yang ingin memancingnya, berikut ini adalah rekomendasi umpan ikan keting yang ampuh.

  1. Cacing Tanah

Salah satu rekomendasi umpan ikan keting adalah cacing tanah. Umpan satu ini bisa dicari dengan mudah pada tanah yang kotor dan relatif lembap, seperti sawah.

Untuk memudahkan proses pencairan cacing tanah, Anda bisa menggunakan campuran garam dan deterjen.

  1. Udang

Jenis umpan ikan keting lainnya adalah udang. Umpan ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan ikan keting. Di samping itu, udang juga menjadi umpan ikan keting yang banyak digunakan.

Anda bisa memilih jenis udang air tawar maupun air laut. Untuk menggunakannya sebagai umpan, Anda bisa memotongnya menjadi ukuran kecil-kecil terlebih dulu.

  1. Cacing Laut

Rekomendasi umpan ikan keting berikutnya adalah cacing laut. Cacing ini memiliki bau yang cukup amis sehingga dapat menarik perhatian ikan keting. Nah, untuk memperolehnya, Anda bisa mencari cacing laut di area pesisir pantai, seperti di bawah bebatuan, di dalam lubang pasir, maupun di area berlumpur.

  1. Cacing Pisang

Jenis umpan ikan keting selanjutnya adalah cacing pisang. Umpan cacing pisang ini biasa ditemukan bersembunyi di dalam batang pohon yang telah lampung. Sebab hewan melata ini cukup menyukai tempat yang lembab.

Namun, tidak semua batang pisang memiliki cacing pisang ini. Pasalnya, cacing ini lebih banyak dijumpai pada pohon pisang kapuk.

  1. Ikan Kecil

Rekomendasi umpan ikan keting yang terakhir adalah ikan-ikan kecil. Umpan satu ini termasuk sebagai makanan sehari-hari bagi ikan keting sehingga sangat cocok dijadikan sebagai umpan pancing. Umpan ikan kecil ini dapat dijadikan sebagai alternatif ketika Anda tak mendapatkan umpan lainnya. Untuk memberikan ikan kecil sebagai umpan ikan keting, Anda dapat memilih ikan wader yang berukuran kecil. Demikian informasi mengenai sederet jenis umpan ikan keting yang cocok untuk memancing. (rls/fj/int)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...