Disdukcapil Sebut Banyak Pendatang Cari Kerja

Bupati Karawang bareng Kadisdukcapil di hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran

Karawang – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang menyebut bakal banyak pendatang yang akan mengadu nasib ke Kabupaten Karawang.

Hal itu diungkapkan oleh Kadisdukcapil Karawang Bambang Susetyo saat ditemui di Kantor Disdukcapil, Selasa,(16/4/2024).

Dikatakan Bambang, Bertambahnya angka pendudukan usai mudik lebaran tidak bisa dipungkiri lagi. Pasalnya, kata dia, setiap perantauan yang kembali ke kampung halamannya berkemungkinan besar mengajak atau membawa saudara atau keluarga nya untuk mengadu nasib di Karawang.

Tambahnya, Kabupaten Karawang merupakan primadona bagi para pencari kerja asal luar Karawang karena banyak perusahaan besar berdiri di Karawang.

Sambungnya, Bukan hanya hal tersebut saja bisa menambah angka penduduk di Karawang, pernikahan dan pindah tugas kerja menjadi faktor bertambahnya angka kependudukan.

“Banyak faktor, bisa yang mudik, pulang ke Karawang bawa saudara. Ada juga yang nikah sama orang luar Karawang terus menetap di Karawang,” kata Bambang, pada Selasa, (16/4/2024).

Bambang memaparkan, Urbanisasi tersebut merupakan hal yang wajar dan bukan hal yang buruk, asalkan pendatang yang menetap di Karawang mengikuti aturan di Kabupaten Karawang. Salah satunya dengan mengurus dokumen administrasi kependudukan (Adminduk).

“Itu hal yang biasa, tapi jangan dianggap biasa saja. Pendatang baru yang sekedar mencari kerja di Karawang ataupun menetap harus mengurus dokumen Adminduk-nya,” papar dia.

Sementara itu, Plt. kepala bidang pemanfaatan data dan informasi pelayanan (PDIP) pada Disdukcapil Karawang, Torich Haerachman mengungkapkan ada sebanyak 9.562 orang yang melakukan perubahan data KTP dari Luar Kota ke Karawang.

“Kalau kita mengacu ke data mutasi yang tercatat, ada penambahan angka penduduk sebesar 9.562 orang dari jumlah penduduk terakhir pada semester 2 tahun 2023 sebanyak 2,5 Juta lebih,” ungkap Torich.

Lanjut Torich, untuk pindah penduduk tercatat ada sebanyak 9.789 orang yang pindah dari kependudukan Karawang ke luar Karawang.

“Dari data, sebenarnya balance setiap tahun dan penambahan jumlah penduduk tidak signifikan. Dan diperkirakan hanya sekitar kurang dari 10 persen pertahun,” pungkasnya.(aip/cim/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...