Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Dewi Setyaharini, sosok Kartini yang mampu menjadi Pemimpin di Unit Pelaksana Transmisi Bekasi.

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Raden Ajeng Kartini merupakan sosok penting dalam pemberdayaan wanita di Indonesia. Begitupun yang menjadi penyemangat seorang Dewi Setyaharini, sosok Kartini yang mampu menjadi Pemimpin di Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bekasi.

UPT Bekasi merupakan satu-satunya unit di bawah PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah yang dipimpin oleh seorang perempuan. Dewi merupakan 1 dari 8 Manager UPT yang notabene dijalankan oleh kaum pria.

Dewi Setyaharini mulai aktif memimpin UPT Bekasi pada bulan November 2023. Ia berpendapat bahwa apapun tugas yang diberikan perusahaan, harus tetap dijalani dengan sebaik mungkin tanpa melihat perbedaan gender di dunia pekerjaan.
“Saat ini, perbedaan gender bukan menjadi penghambat dalam dunia pekerjaan. Seiring berjalanannya waktu, PLN sudah mampu mewujudkan kesetaraan gender pada beberapa posisi strategis perusahaan. Tinggal kita sendiri yang harus bertanggung jawab dan menjalani dengan kedisiplinan yang sama, baik perempuan ataupun laki-laki,“ ujar Dewi.

Tidak dipungkiri dalam menjalankan pekerjaannya, Dewi memiliki tantangan tersendiri sebagai seorang pemimpin perempuan. Bidang Transmisi adalah salah satu bidang kelistrikan yang identik dengan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh kaum pria. Tetapi Ia berpendapat, semua bisa dikerjakan dan dijalani dengan niat dan kemauan yang sama dalam meraih tujuan perusahaan.

“Menjadi pemimpin di lingkungan kerja dengan mayoritas pekerja laki- laki adalah tantangan yang cukup besar. Pada dasarnya kita harus dapat merangkul seluruh pegawai tanpa membedakan dari gender identity yang akhirnya dapat membentuk sinergi bersama dalam mencapai tujuan perusahaan,” pungkas Dewi.

Terjun langsung kelapangan dan hadir memberikan support secara langsung kepada teman-teman yang bertugas di lapangan, merupakan caranya dalam merangkul seluruh bagian tim. Ia pun tidak menepis bahwa hal ini cukup sulit dilakukan mengingat di awal memimpin UPT Bekasi merupakan hal yang baru baginya.

Dewi menambahkan, yang menjadi istimewa ketika menjadi Manager UPT Bekasi adalah tantangan untuk menyeimbangkan antara karier dan keluarga. Ia menyebutkan bahwa perempuan adalah sosok istimewa yang mampu menjadi pemimpin dan pada saat bersamaan mampu berperan sebagai ibu dan istri di keluarganya.

“Sebenarnya kita semua sudah menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri. Menjadi seorang pemimpin yang baik adalah ketika kita mampu menjadi contoh yang baik untuk orang lain. Hal ini lah yang akan saya gali terus menerus menjadi sebuah komitmen untuk membawa UPT Bekasi sebagai Unit berkinerja terbaik,“ lanjutnya.

Pada hari Kartini ini, Dewi berujar jika menjadi Kartini di era modern ini adalah dengan bekerja secara profesional dimanapun dan pada bidang apapun. Sehingga, sebagai perempuan yang terinspirasi sosok Kartini, sepatutnya kita menunjukkan sisi kuat dan tangguh dalam menjalankan tugas kita layaknya sosok R.A Kartini.

“Mewakili PLN UPT Bekasi mengucapkan Selamat Hari Kartini bagi seluruh wanita tangguh di Indonesia, kalian luar biasa!,“ tutup Dewi.(rls/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Sebut, Buruh di Karawang mempunyai Peran Penting untuk Kemajuan Karawang

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang bersama dengan Forkopimda menghadiri acara ...