Sekilas Info

Di Karawang, Eceng Gondok Ternyata Bisa Hasilkan Uang

KARAWANG – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang gelar pendidikan dan pelatihan kerajinan eceng gondok selama sepekan di balai Desa Walahar. Hal tersebut sebagai upaya pemerintah guna meningkatkan keterampilan calon wirausahawan dalam ekonomi kreative.
Kepala Dinkop Karawang, Asep Djunaedi melalui Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan,  Sari Nurdinasari, mengungkapkan, program tersebut sebagai realisasi dari peningkatan produk unggulam sentra kerajinan batik dan eceng gondok tahun 2018.
“Peserta yang dilibatkan sebanyak 30 orang dari 5 kecamatan, yakni Kecamatan Klari, Ciampel, Bayujaya, Cilebar san kecamatan Banyusari, ” ujarnya saat dikonfirmasi ditempat pelatihan, Desa Walahar,  Rabu (28/3)
Hal ini juga, kata dia, untuk peningkatan ekonomi kreative di tiga desa Karawang sebelah utara, yang dekat dengan destinasi wisata laut dan Candi Jiwa.
“Produk yang dibuat, Tisue box Candi Jiwa, Sendal jepit untuk dalam ruangan, Figura,  Gantungan Kunci dan Box File. Untuk cendramata, mendukung peningkatan ekonomi kreative di Desa Segaran, Pusakajaya Selatan dan Desa Tanjung, ” tambahnya.
Diharapkan Sari, dengan Pelatihan yang digelar pihaknya. Dapat mencwtak 30 wirausaha kreative. Dan produk yang dibuat bisa langsung dipasarkan.
“Anggarannya 156 juta untuk tahun 2018 untuk pelatihan sesuai DPA, dwngan anggaran segitu semoga rekan-rekan yang ikut pelatihan bisa menjadi wirausaha ekonomi kreative, dan hasilnya bisa dijual. Kami Fasilitasi penjualannya bersama Savina Production, outlet milik pelatih kerajinan eceng gondok ” tukasnya.(dds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Harga Rumah Subsidi Terbaru yang Diterapkan Kementerian PUPR

KARAWANG – Pemerintah melalui Kementerian Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengeluarkan harga terbaru ...