Ini Loh… Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Namun Menjanjikan

JANGAN terjebak dalam anggapan bahwa sebuah bisnis hanya bisa berjalan ketika diawali modal yang besar. Di bawah ini adalah peluang usaha rumahan modal kecil. Selama bisnis dikelola dengan baik, maka peluang usaha yang semula hanya coba-coba bisa menjadi pekerjaan utama dengan penghasilan luar biasa.

Usaha rumahan bermodal kecil bisa mendatangkan keuntungan fantastis bukanlah isapan jempol belaka. Terlebih, ragam jenis usaha rumahan ini banyak diciptakan dan dikembangkan secara variatif dan inovatif. Adanya sentuhan teknologi turut menambah angin segar bagi pelaku usaha rumahan karena sistem pemasaran mereka tak lagi terbatas secara offline, melainkan bisa meluas ke publik melalui media online.

Jadi, untuk Anda yang masih mempertimbangkan langkah membuka usaha rumahan, yuk simak beberapa peluang usaha rumahan dengan keuntungan menjanjikan!

1. Air Minum Isi Ulang
Anda bisa memanfaatkan salah satu ruangan di area rumah untuk membuka bisnis air minum isi ulang. Usaha ini menjanjikan karena banyak orang yang lebih tertarik pada hal ‘serba praktis’ termasuk air minum kemasan atau isi ulang dibandingkan dengan memasak air sendiri yang pasti menambah pekerjaan mereka. Bisnis air minum isi ulang menjadi salah satu usaha menjanjikan karena kebutuhan air bersih di beberapa tempat terus mengalami penurunan.

2. Katering Harian
Padatnya aktivitas sehari-hari seseorang membuka peluang bagi penyedia jasa katering harian untuk memenuhi kebutuhan makanan pelanggannya. Di samping waktu yang terbatas, mahalnya harga makanan di luaran sana juga menjadi alasan katering harian semakin diminati, baik oleh perseorangan, keluarga, hingga perusahaan yang memfasilitasi makanan untuk karyawannya.

3. Laundry Kiloan
Mencuci baju bukanlah pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Selain karena memakan waktu, mencuci juga memerlukan tenaga untuk mengerjakannya. Apakah ini peluang? Tentu saja! Anda bisa menjadi solusi kepada mereka yang ‘tidak sempat’ mencuci dengan memberikan layanan jasa laundry kiloan. Jika lokasi rumah Anda berada di posisi strategis, misalnya dekat dengan kampus, perumahan atau apartemen, maka peluang usaha ini sangatlah menjanjikan apalagi di musim penghujan.

4. Konter Pulsa dan Paket Internet
Smartphone telah menjadi kebutuhan hidup di zaman modern saat ini. Selain sebagai alat komunikasi, juga menjadi gaya hidup dan gerbang informasi yang luas dan mudah diakses. Karenanya, peluang usaha untuk menjual pulsa dan kuota internet menjadi angin segar yang menggiurkan. Apalagi bisnis pulsa dan kuota bisa bekerja sama dengan provider di Indonesia.

5. Penjahit Pakaian
Salah satu usaha yang tidak mengalami pasang surut dalam dunia bisnis adalah penjahit, karena kebutuhan akan pakaian sangat tinggi seiring dengan perkembangan fashion yang selalu mengalami perubahan. Dengan bermodalkan keahlian dan keterampilan dalam menjahit dan desain, usaha ini memiliki prospek cerah di masa depan.

6. Snack Kemasan
Siapa sih yang tidak kenal makanan ringan olahan singkong atau disebut ‘keripik’ dengan level pedasnya? Pasti Anda tidak asing lagi ‘kan mendengarnya?
Itulah salah satu contoh pengusaha muda sukses yang menekuni usaha snack kemasan. Walaupun awalnya meragukan karena banyak produk serupa yang telah dipasarkan lebih dulu, tapi selama Anda cerdik dan bisa menggali kreativitas berbisnis, maka peluang gemilang dalam usaha snack kemasan bisa Anda raih.

Caranya? Selain menawarkan cita rasa variatif, Anda juga bisa mengeksplor kreativitas dari kemasannya yang menarik perhatian konsumen dan memiliki nilai jual lebih. Tak jarang snack kemasan berpenampilan ‘cantik’ menjadi buah tangan dan makanan ciri khas daerah tersebut. So, jangan takut untuk mengawali usaha snack kemasan karena selama masyarakat Indonesia masih hobi ‘ngemil’ maka peluang bisnis tersebut terus mengalami perkembangan.

7. Jasa Potong Rambut
Selama rambut manusia masih tumbuh di kepala, maka jasa potong rambut tidak akan pernah mati. Pasalnya, peluang usaha ini memberi keuntungan menjanjikan terutama bagi Anda yang memiliki keahlian menata rambut, menjadi nilai tambah untuk mengembangkan prospek bisnis. Saat ini, banyak berkembang jasa potong rambut khusus anak-anak. Dengan mendesain area tempat potong rambut menjadi lebih ‘menggemaskan’, berpotensi meningkatkan nilai keuntungan yang jauh lebih tinggi dan tentunya sesuai harapan.

8. Usaha Dropship
Mengulas dari Idntrepreneur.com, apakah Anda ingin membuka usaha yang bisa menawarkan berbagai produk kepada konsumen? Pilihlah usaha dropship.
Saat ini semakin banyak supplier yang membuka peluang usaha melalui dropship karena Anda bisa menjual produk supplier tanpa harus mempunyai stok barang dan mengurus pengiriman sendiri. Tentunya, supplier tersebut sudah bekerja sama dengan Anda ya.

Meskipun rata-rata keuntungan dropship lebih kecil dibandingkan reseller, namun jika Anda mampu menjual barang di angka yang besar, maka bisnis dropship dapat menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Selain tidak memerlukan stok barang, usaha dropship dapat dijalankan di mana saja dengan memanfaatkan online marketplace, media sosial, aplikasi chat, dan website.

9. Penulis Online
Usaha yang tidak memerlukan modal besar selanjutnya adalah menjual jasa sebagai penulis artikel online. Modal utamanya yaitu keterampilan dalam menulis artikel yang unik dan mampu menarik minat pembaca atau pemilik website yang bersangkutan. Selain perorangan, saat ini juga banyak bisnis dan perusahaan yang mencari jasa tersebut seiring perkembangan internet sebagai gerbang informasi maka semakin tinggi pula kebutuhan konten yang berkualitas.

10. Pembuatan Website
Selain menjadi penulis online, jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membuka usaha bermodal kecil. Hanya saja, rata-rata orang yang menekuni profesi ini adalah mereka yang menguasai bidang pemrograman. Selain menjadi bagian dari identitas bisnis dan perusahaan untuk memperkenalkan image-nya ke khalayak umum, keberadaan website di era teknologi juga sebagai sarana pemasaran produk untuk menjangkau masyarakat secara luas. Karenanya, daya kreativitas untuk mendesain website juga dipertaruhkan dalam bisnis ini karena bagaimanapun juga desain menjadi modal agar menarik banyak jaringan dan relasi untuk berkerja sama baik secara perorangan ataupun atas nama bisnis dan perusahaan. (dbs/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Kujang Raih 3 Penghargaan di Ajang Public Relations Indonesia Awards 2024

KARAWANG – Pupuk Kujang memborong penghargaan di ajang kompetisi kehumasan ...