Ladang Ganja Di Purwakarta Berhasil Dibongkar Polisi, Luasnya 1,5 Hektar

PURWAKARTA– Tim Gabungan Polri berhasil menemukan ladang ganja 1,5 hektare di lahan Perhutani yang jumlahnya kurang lebih 1.300 batang ganja, di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, tepatnya di wilayah Cigunung Beruk, Kampung Bedeng, Desa Kutamanah, Sabtu (16/02/2019).

Penemuan ladang ganja tersebut berawal dari pengembangan usai Satuan Reserse Narkoba Polresta Yogyakarta berhasil menangkap seorang mahasiswa asal Kabupaten Karawang yang tengah mengedarkan ganja di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kasat Narkoba Polres Purwkarta AKP Heri Nurcahyo angkat suara menanggapi hebohnya penemuan ladang ganja di Sukasari yang bermodus berbagai macam tanaman jenis lainnya.

“Jadi pertama itu ditangkap mahasiswa salah satu universitas di Yogyakarta. Mahasiswa ini orang Karawang. Pertama kali ditangkap itu barang buktinya 101 paket siap edar,” bebernya kepada wartawan Minggu (17/2/2019).

Harga jual 1 paketnya, kata Heri, seharga Rp 100 ribu. Dari hasil interograsi dan BAP Polresta Yogyakarta, jelasnya, didapat keterangan bahwa yang bersangkutan itu mendapatkan dari temannya di Karawang.

“Sehingga dilakukanlah pengejaran di Karawang. Setelah dilakukan pengejaran, akhirnya tertangkaplah 1 orang lagi di Desa Anggadita Klari, Karawang,” tambahnya.

Dari hasil interograsi, masih kata Heri, orang tersebut pertama mengaku mendapat dari Subang. Namun, akhirnya mengubah keterangannya bahwa mendapat dari temannya di Purwakarta.

“Dengan berbekal keterangan itu, tim Reserse Narkoba Polresta Yogyakarta bekerjasama dengan tim Res Narkoba Polres Purwakarta dengan Polsek Sukasari juga. Akhirnya tim bergerak, tim gabungan Sat Res Narkoba Purwakarta, Sat Res Narkoba Polresta Yogyakarta, Polsek Sukasari,” ungkapnya.

Akhirnya, tim pun langsung bergerak ke lokasi dan ditemukanlah ladang atau tempat untuk menanam ganja tersebut. Dari lokasi penemuan ternyata pemilik kebun ini mengklamufasekan tanaman ganja ini dengan tanaman jagung, dengan tanaman cabe, dan dengan tanaman pepaya California.

“Sehingga kalau sepintas dari jarak 10 meter saja tak akan terlihat tanaman ganjanya. Begitu,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, penemuan ladang ganja yang mencapai hektaran di Purwakarta membuat masyarakat heboh, pasalnya baru kali ini ada kasus yang sangat besar dan menyita perhatian publik.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, hingga malam ini aparat gabungan masih berada dilokasi penemuan ladang ganja. Aparat Polri di back up oleh aparat TNI dari Kodim 0619 Purwakarta untuk mengamankan area ladang ganja.(red)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SC: PLTGU Jangan Bandel Dong!

KARAWANG – Berdasarkan kesepakatan Pemerintah Kabupaten Karawang dengan Konsorsium perusahaan pelaksana pembangunan proyek PLTGU Jawa ...