Mahasiswa KKN Desa Pasirkaliki Sosialisasikan Program SDG’s Desa

Karawang – Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik-Integratif LPPM Unsika realisasikan Program Kerja (Proker) dengan tema “Sosialisasi Program Sustainable Development Goal’s (SDG’s) Desa Di Kabupaten Karawang” kegiatan dilakukan di Desa Pasirkaliki, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang.

Kegiatan KKN Desa Pasirkaliki dengan mengadakan Program kerja KKN Desa Pasirkaliki di antaranya terbagi menjadi beberapa bidang yaitu, bidang pemerintahan, bidang pertanian, bidang kesehatan, dan bidang pendidikan.

Pada bidang pemerintahan fokus kepada pembuatan video sosialisasi 18 Poin SDG’s desa. Bidang pertanian melaksananakan program kerja pemberian 350 bibit pohon cabe dan 350 bibit pohon nangka. Sedangkan pada bidang kesehatan penanganan pengamanan Covid-19. Yaitu melalui sosialisasi perilaku hidup bersih dan Sehat (PHBS) pada salah satu sekolah di SDN Pasirkaliki 1.

“Dan yang terakhir bidang pendidikan yaitu, melaksanakan kegiatan sosialisasi peningkatan literasi dengan memasang poster-poster untuk anjuran membaca buku agar dapat meningkatkan literasi membaca,” ungkap Renaldy Dwi Tama selaku kordinator KKN Tematik-Integratif Desa Pasirkalikii, Rabu (3/11/2021).


Renaldi menjelaskan, alasan mengambil beberapa Proker yang dijalankan di KKN Desa Pasirklaiki. “Kami mengambil Proker dengan bidang yang berbeda karena program SDG’s desa juga memuat poin yang berbeda satu sama lainnya,” katanya.

Menurutnya perbedaan tersebut merupakan kesinambungan antar poin per-poin untuk mencapai tujuan dari program. Legih jelasnya bahwa, alasan utama mengapa mengambil Proker yang berbeda-beda, karena sebenarnya memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai target dari SDG’s Desa.


“Harapan kami dari kelompok KKN nomor 96 untuk warga kedepannya semoga dapat teredukasi atas sosialisasi SDG’s desa yang telah kami berikan. Dan kami juga berharap pemerintah desa dan masyarakat desa dapat mencapai 18 tujuan SDG’s desa, sehingga desa Pasir Kaliki menjadi desa yang maju, aman, damai, dan sejahtera,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sinyal Kuat PDIP dan PKS Berkoalisi

Karawang – Jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karawang silaturahmi ...