Informasi yang Kerdibel sebagai Solusi Penanganan Covid-19

KarawangInformasi merupakan sebuah pengetahuan yang didapat manusia guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memperoleh informasi dengan berbagai cara antara lain dengan mencari nya sendiri atau informasi tersebut datang tanpa diinginkan oleh manusia itu sendiri.

Pada perjalanannya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi memberikan warna baru dalam pencarian informasi di masyarakat. Kini masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mencari informasi, keberadaan tenologi berbasis internet memudahkan masyarakat mencari sumber pengetahuan kapan pun dan dimana pun bahkan saat sudah berada diatas tempat tidur

Manusia pada umum nya mencari informasi saat mereka menemukan permasalahan dalam kehidupannya, pada beberapa penelitian di temukan bahwa perilaku pencarian informasi didasari oleh berbagai tujuan antara lain jika mereka merasa pengetahuan mereka kurang terhadap masalah kesehatan yang dihadap. Kekurangan informasi dalam menghadapi sebuah permasalahan membuat manusia membutuhkan sumber informasi guna memenuhi keingin tauannya. Berbagai cara dilakukan guna mencari informasi kesehatan, kemudahan pencarian informasi tidak menjadikan seluruh manusia mengandalkan teknologi guna menemukan informasi yang dibutuhkan.


Upaya pencarian informasi kesehatan melalui media sosial yang saat ini sedang diminati kaum milenial menjadi sebuah alternatif guna memperoleh informasi yang diinginkan, kemudahan teknologi komunikasi dan informasi menjadi sebuah solusi baru dalam mendapatkan informasi. Generasi Z dikenal dengan new digital native adalah mereka yang terlahir dengan kenyamanan teknologi, mereka menyukai sesuatu yang mudah dan cepat karna teknologi komunikasi informasi telah terkoneksi melalui smartphone yang rata rata di gunakan oleh kaum new digital native.


Melalui program pengabdian kepada masyarakat yang di gagas oleh Universitas Singaperbangsa Karawang mengajak kepada seluruh komponen masyarakat terutama tenaga medis dan para medis menyediakan informasi yang dapat dipercaya melalui media sosial guna menyelesaikan masalah pandemi Covid-19. Saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial tidak terkecuali tenaga medis dan para medis oleh sebab itu kami mengajak agar semua pihak bijak dalam menggunakan media sosial nya terutama dalam membagikan informasi kesehatan untuk penanganan Covid-19. Dari hasil penelitian kami hampir 80 % masyarakat terutama yang sedang melakukan karantina karena terpapar virus Covid-19 menggunakan media sosial guna mencari dan membagikan informasi dan media sosial yang paling diminati adalah instagram demikian penjelasan Dr. Siti Nursanti S.Sos.,M.I.Kom.

Sejauh ini informasi kesehatan hanya dibagikan melalui instagram instansi seperti instagram yang dimiliki oleh RSUD Karawang, kedepan mungkin kami akan mengaktifkan kembali media sosial yang dimiliki oleh organisasi profesi perawat atau media sosial yang dimiliki oleh para perawat di lingkungan kami karena kami menyadari bahwa media sosial ini menjadi alat untuk membagikan informasi yang memiliki jangkauan cukup luas demikian penjelasan ketua Komisariat PPNI Kabupaten Karawang Yoyo Kuswoyo S.Kep.,NERS seusai penyerahan hasil penelitian dan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Singaperbangsa Karawang bekerjasama dengan PPNI Komisariat RSUD Kabupaten Karawang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Warga Pekalongan Tenggelam di Kolam Buatan Proyek PT Sinarmar

Karawang – Tiga pekerja proyek meninggal dunia usai tenggelam di ...