Sri Rahayu Dorong Pemkab Karawang Membangun Rumah Sakit di Daerah

Hj Sri Rahayu Agustina, SH dialog dengan Kadinkes Karawang

Karawang – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang sedang menyiapkan pembangunan rumah sakit dibeberapa wilayah di Kabupaten Karawang. Termasuk di wilayah Rengasdengklok dan Pangkalan.

“Pembangunan rumah sakit ini agar masyarakat tidak jauh ketika hendak berobat,” kata Kadinkes Karawang, Endang Suryadi kepada Hj Sri Rahayu Agustina,SH Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat saat berkunjung ke kantor Dinkes Karawang.

Kata dia, idealnya rumah sakit ada di setiap dapil di Karawang. Namun, karena terbentuk anggaran hingga dibangun secara perlahan.

“Waktu dekat ini wilayah Rengasdengklok,” ujarnya.

Untuk sementara ini, lanjutnya, maksimalkan puskesmas di daerah-daerah. Bahkan bupati harapkan semua puskesmas bisa melayani rawat inap.

“Puskesmas masih ada yang belum rawat inap. Maka itu, pemkab akan menargetkan puskesmas bisa rawat inap,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, beberapa puskesmas sulit dikembangkan karena kondisi lahan yang sempit. Seperti Karawang Kulon, Nagasari, Tanjungpura.

“Perlu ada relokasi ke lahan yang lebih luas lagi untuk pengembangan rawat inap,” kata dia lagi.

Sementara itu, Hj Sri Rahayu Agustina, menyebutkan kondisi puskesmas yang tidak layak digunakan cukup banyak. Bahkan ada kendala tanah hingga ketika membuka layanan rawat inap terbentur.

Puskesmas di Wanakerta saja ruangan rawat inap sudah tidak layak digunakan. Kondisi bangunan kumuh serta bocor saat hujan deras.

“Memang sejak dulu puskesmas ini ada masalah. Terutama sengketa tanah dengan asli waris. Jadi kendala ketika mau dibangun,” kata Sri. Minggu (9/1/2022) melalui ponsel selularnya.

Sri membenarkan pernyataan kadinkes bila di Karawang perlu membangun rumah sakit. Dinas Kesehatan bisa usulkan pembelian lahan yang cukup luas di Wanakerta Telukjambe Barat.

“Untuk pembangunan bisa dibantu oleh APBD Provinsi Jawa Barat. Saya akan dorong ke Gubernur Jabar,” kata dewan Dapil Jabar X Karawang – Purwakarta.

Menurutnya, pelayanan kesehatan ini begitu penting untuk masyarakat. Diharapkan pemerintah Karawang memprioritaskan kesehatan.

“Jangan sampai masyarakat susah berobat, tidak dilayani dengan baik saat berobat hingga mencuat di media sosial. Semoga tidak ada lagi hal demikian,” harapnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Warga Pekalongan Tenggelam di Kolam Buatan Proyek PT Sinarmar

Karawang – Tiga pekerja proyek meninggal dunia usai tenggelam di ...