Pemasaran Menjadi Kendala di UMKM Karyamulya

Karawang – Sri Rahayu Agustina S.H Anggota DPRD Provinsi Jabar dari fraksi partai Golkar Dapil X Karawang-Purwakarta kembali gelar reses II tahun sidang 2021-2022 di Desa Karyamulya Kecamatan Batujaya Karawang,pada Rabu 16 Maret 2022.

Saat reses Sri Rahayu atau yang disapa Mak Sri mendapat usulan dari salah satu peserta reses Siti Masitoh yakni warga Karyamulya  yang memiliki usaha bawang goreng,usahanya baru berjalan seumur jagung.

“Uaha saya baru seumur pemasaran melalui online atau media sosial. Ia mengajukan bantuan kepada pemerintah agar usahanya itu bisa berkembang,mungkin melalui bantuan pemasaran dan bantuan alat, usaha kita bisa lebih besar lagi,” kata Siti.

Menurutnya, alat yang digunakan sekarang masih secara manual,lalu dengan kemasan seadanya,penjualan pun hanya melalui online dan pesanan.

“Kita harap punya lebel sendiri dan bisa di pasarkan ke pasar modern dan bantuan alat yang modern juga,” ungkapnya.

Mak Sri merespon atas usulan dari ibu Siti,pasalnya, reses yang ini mengusung tema UMKM sebagai pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19.

“Kami menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM dan Disperindag,nantinya pihak dinas bisa membantu dari segi peralatan dan pemasarannya, apa yang menjadi usulan dan yang di ajukan oleh masyarakat,” kata Mak Sri.

“Pelaku usaha atau kelompok masyarakat bisa mengajukan kepada dinas, mulai dari pengajuan pemasaran dan pengajuan peralatannya bisa diajukan secara langsung ke dinas,” tambahnya.

Dtempat yang sama Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Amid Mulyana mengamini hal itu,menurutnya usulan itu dapat diajukan kepada dinas dengan membuat proposal.

“Dari Dinkop ada bantuan untuk pelaku UMKM di Karawang. Tapi, bantuan itu berupa alat untuk produksi, sertifikat halal, dan legalitas merk,” kata Amid.

Kata dia, usulan tadi untuk produksi bawang goreng bisa dibantu. Kemudian kemasan pun bisa dibentuk dengan menarik, sehingga bisa dipasarkan di pasar modern.

“Beberapa produk UMKM sudah masuk ke supermaket. Kita bantu pemasaran ke pasar modern,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Warga Pekalongan Tenggelam di Kolam Buatan Proyek PT Sinarmar

Karawang – Tiga pekerja proyek meninggal dunia usai tenggelam di ...