Hebat ! Tarian Bedog Lubuk Asal Karawang Ikuti Event Internasional

Tarian Bedog Lubuk Asal Karawang

Karawang – Tarian Bedog Lubuk asal Karawang mewakili Jawa Barat mengikuti event Internasional dalam acara Tenggarong Internasional Folk Art Festival (Tifaf) di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Kegiatan Tifaf ini diikuti oleh 10 negara yang tergabung dalam Council of International Organizations Folklore Festival and Folk Art (Cioff). Tarian Bedog Lubuk merupakan tarian asal Karawang yang diciptakan LSM Lodaya Karawang.

“Kami mendapat undangan dari panitia Tifaf untuk acara Cioff di Kalimantan Timur. Tentunya undangan ini kami manfaatkan untuk mengenalkan tarian asal Karawang ini ke dunia internasional,” kata Ketua LSM Lodaya Karawang, Nace Permana, Selasa (19/7/22).

Menurut Nace, tarian bedog lubuk menceritakan perjuangan warga Karawang dari lubuk hati. Perlawanan warga Karawang terhadap penjajah menggunakan golok. “Bedog Lubuk itu simbol perjuangan warga Karawang yang nyaris dilupakan. Kami angkat sejarah perjuangan itu melalui tarian bedog lubuk,” katanya.

Nace mengatakan, dalam event tersebut diikuti oleh 10 negara yaitu Turki, Korsel, Uni Emirat Arab, Taiwan, Peru, Rumania, Venezuela, Bulgaria, Nort Cyprus dan Indonesia. Dari Indonesia diikuti 11 provinsi. “Kami mewakili Jawa Barat. Jawa Barat sendiri diwakili 3 Kabupaten, salah satunya Karawang,” katanya.

Tarian Bedog Lubuk dimaikan Kelompok Tari Srikandi Lodaya berjumlah 7 orang. Tarian Bedog Lubuk sudah sering tampil di wilayah Jawa Barat. “Alhamdulilah tarian bedog lubuk sudah sering tampil dalam acara kesenian di Jawa Barat. Beberapa kali tampil diberbagai provinsi,” katanya.

Menurut Nace, event Tifaf ini diselenggarakan mulai Rabu (20/7) hingga Minggu (24/7).”Kami berangkat malam ini menuju tenggarong,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Warga Pekalongan Tenggelam di Kolam Buatan Proyek PT Sinarmar

Karawang – Tiga pekerja proyek meninggal dunia usai tenggelam di ...