Mahasiswa UBP Karawang Membawa Semangat Digitalisasi UKM di Desa Cikuntul Tempuran

Karawang – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bagian dari implementasi Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh civitas kampus. Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang pada tahun 2022 ini menggelar KKN untuk diikuti oleh mahasiswa yang tersebar di desa-desa yang ada di Kabupaten Karawang.

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/07/18/mahasiswa-ubp-bantu-pengembangan-umkm-di-desa-waluya-berbasis-digital/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/07/17/kapolres-cup-futsal-championship-tahun-2022-kapolres-aldi-raih-prestasi-bersama-polri/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/07/16/wakil-bupati-apresiasi-kingsman-grooming-karen-ang-hair-studio/

Tak terkecuali Desa Cikuntul, Kec. Tempuran, Kab. Karawang yang memiliki banyak potensi UMKM yang dapat dikembangkan. Kepala Desa Cikuntul Bapak Kasman beserta jajaran pemerintah desa sangat menyambut baik dan mengapresiasi program KKN UBP Karawang yang berorientasi pada peningkatan ekonomi kerakyatan sesuai dengan temanya “Inovasi dan Digitalisasi UMKM menuju masyarakat mandiri”

Potensi UMKM yang terdapat di Desa Cikuntul kemudian dilakukan pendataan oleh sekelompok mahasiswa dari berbagai Fakultas yang berjumlah 22 orang. Ketua dari kelompok mahasiswa/ Koordinator Desa Aris Martin Kobar mengatakan “Saat ini ada banyak produk UMKM masyarakat Desa Cikuntul yang sedang kita bantu dalam kualitas pengemasan dan pemasaran, seperti bubur ayam khas Cikuntul, telur asin, kebab, keripik ikan dan lainnya melalui edukasi pada agenda penyuluhan, seperti yang kita gelar di tanggal 17 Juli 2022 kemarin” lanjut Aris.

“UMKM saat ini harus mampu mengikuti perkembangan zaman untuk bisa bersaing. Perkembangan dunia konvensional menuju dunia digital yang menuntut UMKM harus lebih kreatif dan inovatif”

Menurut keterangan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Desa Cikuntul Anis Fitria Nur Masruriah, M.Kom, kegiatan KKN ini dilaksanakan selama satu bulan terhitung sejak 1 Juli 2022.

“Giat ini dilaksanakan selama satu bulan, mahasiswa didampingi oleh satu orang Dosen di setiap Desanya akan melakukan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada peningkatan setiap potensi baik yang ada di Desa, salahsatunya adalah UMKM,” tutur DPL.

Masyarakat desa yang memiliki semangat UMKM diajarkan bagaimana menggunakan platform digital/ e-commerce seperti shopee, tokopedia, instagram, facebook sebagai media yang digunakan untuk memasarkan produk-produk UMKM di Desa Cikuntul.

Selain itu masyarakat juga diajarkan bagaimana mengelola cashflow dan keuangan yang baik dalam berbisnis, serta diberikan sosialisasi mengenai perolehan legalitas badan usaha atau produk yang dimiliki oleh masyarakat, termasuk perolehan sertifikasi halalnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Demi Mengabdi Terhadap Tanah Kelahiran, Yana Suyatna Resmi Daftar Calon Bupati Karawang

Karawang – Menuju pilkada 2024 semaki ramai bacalon bupati Karawang ...